Aplikasi Manajemen DIV Administrasi Perhotelan, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali 2016
Program Studi D IV Administrasi Perhotelan STPNB,
semester 8, baik kelas A, B dan C, memiliki salah satu program terkait proses
belajar dan mengajar, yakni Aplikasi Manajemen. Di awal semester, mereka
ditugaskan menemu kenali, menggali informasi, dan menjalin interaksi dengan
pihak hotel yang telah mereka pilih sebagai tempat mengaplikasikan rangkaian
ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap yang mereka miliki selama ini.
Sudah tentu, terkadang, itikad baik untuk
menggali data dan informasi, kemudian dibarengi dengan proses melakukan
analisis sampai pada memberikan saran bagi pihak manajemen hotel, bukan
merupakan hal yang bisa diterima. Maka para mahasiswa dan mahasiswi berupaya
menjalin komunikasi intens dengan pihak manajemen hotel, demi tercipta hubungan
baik, dan mampu mencapai pemahaman yang baik pula secara bersama-sama.
Program Studi D IV Administrasi Perhotelan STPNB,
semester 8, kelas A, memilih hotel Champlung Sari Resort yang terletak di
Monkey Forest, Ubud. Program Studi D IV Administrasi Perhotelan STPNB, semester
8, kelas B, memilih hotel Nirmala yang terletak di Gianyar. Program Studi D IV
Administrasi Perhotelan STPNB, semester 8, kelas C, memilih hotel Dewi Sinta
yang terletak di Tanah Lot.
Aplikasi Manajemen kelas A berada di bawah
komando Lisa sebagai GM, kelas B dengan IB Bathya sebagai GM, dan kelas C di
bawah komando Rai. Mereka berupaya memberikan yang terbaik bagi kelas, bagi
Lembaga STPNB, bagi pihak hotel yang mereka eksplorasi, dan bagi masyarakat di
mana pun mereka berada.
Seminar Hasil Aplikasi Manajemen tersebut
dilaksanakan setelah seluruh rangkaian eksplorasi, analisis data terhadap hasil
temuan mereka, perumusan hasil penelitian, dan perangkaian saran tuntas
dilakukan bersama, dengan bimbingan para dosen pendamping program Aplikasi
Manajemen.
Kelas A smt 8 Prodi ADH STPNB, para dosen
pembimbing APM adalah Drs. IB Putu Puja, M.Kes., Ni Nyoman Sukerti, SE., M.Si.,
Dra. NDM Santi Diwyarthi, M.Si., Putu Diah Sastri Pitanatri, S.ST., Par., I
Dewa Putu Hendri Pramana, S.Kom., dengan ketua pelaksana kegiatan tersebut
adalah Ni Luh Gde Sri Sadjuni, SE., M.Par.
Kelas B smt 8 Prodi ADH STPNB, para dosen
pembimbing APM adalah Drs. Dewa Ketut Sujatha, M.Si., Dr. Luh Micke Anggraini,
S.St. Par., Dra. NLKS Sulistyawati, M.Par., Drs. I Wayan Jata, M.Phil., dengan
ketua pelaksana kegiatan tersebut adalah Dra. NDM Santi Diwyarthi, M.Si.
Kelas C smt 8 Prodi ADH STPNB, para dosen pembimbing APM adalah I Gusti Putu
Ngurah Budiasa, MA., Ir. I Nyoman Sukana Sabudi, MP., Luh Gde Sri Sadjuni, SE.,
M.Par., Ni Made Suastini, SE., MM., Dra. IGA Mirah Darmayanty, M.Si, dengan
ketua pelaksana kegiatan tersebut adalah Drs. IB Putu Puja, M.Kes.
Seminar hasil APM Prodi ADH STPNB 2016, bagi
kelas A, telah dilaksanakan pada hari Jum’at, 1 April 2016, bertempat di hotel
Champlung Sari Resort & Spa, dengan narasumber Sang Nyoman Gunarta, SH., GM
Santika Hotel, dan ibu Dani Suminar Sari, S.Pd., HR Coordinator Le Meridien
Hotel.
Seminar hasil APM Prodi ADH STPNB 2016, bagi kelas B, telah dilaksanakan pada
hari Kamis, 31 Maret 2016, bertempat di Aston Hotel, Jl. Gatot Soebroto,
Denpasar, dengan narasumber Ibu Putri Melati, Asisten Training Manager Oberoi
Hotel, dan bapak Budi Wijaya, General Manager Quest Hotel Denpasar.
Seminar hasil APM Prodi ADH STPNB 2016, bagi
kelas C, dilaksanakan pada hari Rabu, 6 April 2016, bertempat di Dewi Sinta
Hotel, Tanah Lot, dengan narasumber Dewa Rucika, (Resident Manager Hotel Nikko
di Nusa Dua), dan I Made Suama (Executive Chef The Royal Pitamaha Resort &
Spa).
Champlung Sari Hotel ”A forest Haven in The heart
of Ubud”…. Demikian tulisan yang menyapa hangat tatkala memasuki area hotel
ini. Wajah hangat bapak Dewa beserta seluruh staf hotel, membuat hangat pula
suasana hospitaliti yang mengalir akrab di seluruh hotel selama mahasiswa dan
mahasiswi melaksanakan aktivitas terkait APM, baik pada bidang Human
Relationship, Sales & Marketing, Food & Beverages Services, Food
Product, Front Office & Spa, dan Housekeeping.
Terima kasih, pak Dewa, terima kasih, pak Edi,
terima kasih, ibu dan bapak seluruh staf beserta jajaran manajemen Champlung
Sari Hotel, yang telah berkenan membuka hotel bagi kami untuk melengkapi proses
pembelajaran kami. Semoga kita bisa selalu menjalin interaksi yang menyenangkan
ini, demi kemajuan dan perkembangan bersama.
Nirmala Guest House would be a lovely “Home away
from home”, when you’re in Bali….. Demikian kalimat yang tertulis dan
ditawarkan hotel ini bagi wisatawan yang mengecek situs mereka. Dengan komando
bapak Jovis, panggilan akrab bagi General Manager hotel ini di mata para
karyawan, mereka selalu berupaya belajar meningkatkan kualitas pelayanan bagi
para wisatawan yang datang berkunjung dan menginap di hotel tersebut.
Terkait dengan program APM di hotel Nirmala
tersebut, para mahasiswa dan mahasiswi Prodi ADH B angkatan 2012 berupaya
memberikan yang terbaik demi pihak hotel. Mengungkap dan melakukan analisis
dari berbagai departemen yang ada di Hotel Nirmala, seperti Front Office,
Terima kasih, bapak Jovis, terima kasih, para staf, seluruh jajaran manajemen,
beserta pemilik hotel, yang telah member kesempatan para mahasiswa dan
mahasiswi kami untuk melakukan eksplorasi data hotel, dan mengaplikasikan
kemampuan mereka, di hotel yang bapak dan ibu kelola. Semoga hubungan baik ini
terus terbina dan berjalan dengan baik pula adanya…..
Hotel dan Resto Dewi Sinta terletak di Tanah Lot,
memiliki 27 kamar, dengan tiga tipe kamar, standard, delux dan suite. Hotel ini
juga memiliki panggung terbuka dan ruang pertemuan yang bisa dipergunakan untuk
pementasan seni dan budaya berupa Kecak, Tektekan, dan juga Legong. Terima
kasih, bapak Ngurah Arya. Sudah menerima kami semua untuk menggali data dan
melakukan analisis bersama di lingkungan hotel yang bapak kelola.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar