Aplikasi Manajemen Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa
Dua Bali
Program Studi D IV
Administrasi Perhotelan STPNB, semester 8, baik kelas A, B dan C, memiliki
salah satu program terkait proses belajar dan mengajar, yakni Aplikasi
Manajemen. Di awal semester, mereka ditugaskan menemu kenali, menggali
informasi, dan menjalin interaksi dengan pihak hotel yang telah mereka pilih
sebagai tempat mengaplikasikan rangkaian ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap
yang mereka miliki selama ini.
Sudah tentu, terkadang,
itikad baik untuk menggali data dan informasi, kemudian dibarengi dengan proses
melakukan analisis sampai pada memberikan saran bagi pihak manajemen hotel,
bukan merupakan hal yang bisa diterima. Maka para mahasiswa dan mahasiswi
berupaya menjalin komunikasi intens dengan pihak manajemen hotel, demi tercipta
hubungan baik, dan mampu mencapai pemahaman yang baik pula secara bersama-sama.
Program Studi D IV
Administrasi Perhotelan STPNB, semester 8, kelas A, memilih hotel Champlung
Sari Resort yang terletak di Monkey Forest, Ubud. Program Studi D IV
Administrasi Perhotelan STPNB, semester 8, kelas B, memilih hotel Nirmala yang
terletak di Gianyar. Program Studi D IV Administrasi Perhotelan STPNB, semester
8, kelas C, memilih hotel Dewi Sinta yang terletak di Tanah Lot.
Aplikasi Manajemen
kelas A berada di bawah komando Lisa sebagai GM, kelas B dengan IB Bathya
sebagai GM, dan kelas C di bawah komando Rai. Mereka berupaya memberikan yang
terbaik bagi kelas, bagi Lembaga STPNB, bagi pihak hotel yang mereka
eksplorasi, dan bagi masyarakat di mana pun mereka berada.
Seminar Hasil Aplikasi
Manajemen tersebut dilaksanakan setelah seluruh rangkaian eksplorasi, analisis
data terhadap hasil temuan mereka, perumusan hasil penelitian, dan perangkaian
saran tuntas dilakukan bersama, dengan bimbingan para dosen pendamping program
Aplikasi Manajemen.
Kelas A smt 8 Prodi ADH
STPNB, para dosen pembimbing APM adalah Wayan Jata, M.Phil., Ni Nyoman Sukerti,
SE., M.Si., Dra. NDM Santi Diwyarthi, M.Si., Putu Diah Sastri Pitanatri, S.St.,
Par., Dewa Gede Hendri, dengan ketua pelaksana kegiatan tersebut adalah
Kelas B smt 8 Prodi ADH
STPNB, para dosen pembimbing APM adalah Drs. Dewa Ketut Sujatha, M.Si., Dr. Luh
Micke Anggraini, S.St. Par., Dra. NLKS Sulistyawati, M.Par., dengan ketua
pelaksana kegiatan tersebut adalah Dra. NDM Santi Diwyarthi, M.Si.
Kelas C smt 8 Prodi ADH
STPNB, para dosen pembimbing APM adalah I Gusti Putu Ngurah Budiasa, MA., Ir. I
Nyoman Sukana Sabudi, MP., Luh Gde Sri Sadjuni, SE., M.Par., Ni Made Suastini,
SE., MM., Dra. IGA Mirah Darmayanty, M.Si, dengan ketua pelaksana kegiatan
tersebut adalah
Seminar hasil APM Prodi
ADH STPNB 2016, bagi kelas A, telah dilaksanakan pada hari Jum’at, 1 April
2016, bertempat di hotel Champlung Sari Resort & Spa, dengan narasumber GM
Santika Hotel, dan ibu Dani, HR Coordinator Le Meridien Hotel.
Seminar hasil APM Prodi
ADH STPNB 2016, bagi kelas B, telah dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Maret
2016, bertempat di Aston Hotel, Jl. Gatot Soebroto, Denpasar, dengan
narasumber.
Seminar hasil APM Prodi
ADH STPNB 2016, bagi kelas C, dilaksanakan pada hari Rabu, 6 April 2016,
bertempat di Dewi Sinta Hotel, Tanah Lot, dengan narasumber.
Champlung Sari Hotel ”A
forest Haven in The heart of Ubud”…. Demikian tulisan yang menyapa hangat
tatkala memasuki area hotel ini. Wajah hangat bapak Dewa beserta seluruh staf
hotel, membuat hangat pula suasana hospitaliti yang mengalir akrab di seluruh
hotel selama mahasiswa dan mahasiswi melaksanakan aktivitas terkait APM, baik
pada bidang Human Relationship, Sales & Marketing, Food & Beverages Services,
Food Product, Front Office & Spa, dan Housekeeping.
Terima kasih, pak Dewa,
terima kasih, pak Edi, terima kasih, ibu dan bapak seluruh staf beserta jajaran
manajemen Champlung Sari Hotel, yang telah berkenan membuka hotel bagi kami
untuk melengkapi proses pembelajaran kami. Semoga kita bisa selalu menjalin
interaksi yang menyenangkan ini, demi kemajuan dan perkembangan bersama.
Nirmala Guest House
would be a lovely “Home away from home”, when you’re in Bali….. Demikian
kalimat yang tertulis dan ditawarkan hotel ini bagi wisatawan yang mengecek
situs mereka. Dengan komando bapak Jovis, panggilan akrab bagi General Manager
hotel ini di mata para karyawan, mereka selalu berupaya belajar meningkatkan
kualitas pelayanan bagi para wisatawan yang datang berkunjung dan menginap di
hotel tersebut.
Terkait dengan program
APM di hotel Nirmala tersebut, para mahasiswa dan mahasiswi Prodi ADH B
angkatan 2012 berupaya memberikan yang terbaik demi pihak hotel. Mengungkap dan
melakukan analisis dari berbagai departemen yang ada di Hotel Nirmala, seperti
Front Office, Terima kasih, bapak Jovis, terima kasih, para staf, seluruh
jajaran manajemen, beserta pemilik hotel, yang telah member kesempatan para
mahasiswa dan mahasiswi kami untuk melakukan eksplorasi data hotel, dan
mengaplikasikan kemampuan mereka, di
hotel yang bapak dan ibu kelola. Semoga hubungan baik ini terus terbina dan
berjalan dengan baik pula adanya…..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar