Lontar Sundarigama : Sungsang, wrehaspati wage
ngaran parerebuan, sugyan jawa kajar ing loka, katwinya sugyan jawa ta
ngaran, apan pakretin bhatara kabeh arerebon ring sanggar mwang ring
parahyangan, dulurin pangraratan, pangresikan ring bhatara
saha puspa wangi.
Kunang wwang wruh ing tattwa jnana, pasang yoga, sang wiku angarga
puja, apan bhatara tumurun mareng madyapada, milu sang dewa pitara,
amukti bante anerus tekeng galungan. Prakerti nikang wwang, sasayut
mwang tutwan, pangarad kasukan ngaranya.
Sukra Kliwon, sugyan Bali, sugyan ing manusa loka,
paknanya pamretistan ing raga tawulan, kewala sira apeningan anadaha
tirta panglukatan, pabersihan ring sang Pandita.
Terjemahan bebasnya.....
Pada hari Kamis Wage Wuku Sungsang, dinamakan Parerebuan atau dengan istilah sugihan Jawa oleh masyarakat umum. Sugihan Jawa merupakan hari suci bagi umat dengan melakukan rerebu di sanggar dan di Parahyangan, disertai pangraratan dan pangeresikan, menghaturkan puja bagi Bhatara Yang Maha Suci.
Bagi
orang yang
mengetahui rahasia batin akan melakukan yoga, para pendeta melakukan
puja tertinggi, bagi Tuhan, para dewa dan roh leluhur, umat menghaturkan
persembahan, dan bersiap menjelang hari raya Galungan dan Kuningan.
Adapun sesajen keselamatan manusia
terdiri atas sasayut tutwan atau disebut ngarad kasukan
Pada hari Jumat Kliwon Wuku Sungsang, dinamakan sugihan Bali, hari suci bagi umat manusia. Maknanya adalah penyucian diri manusia lahir bathin, dengan cara mengheningkan pikiran, memohon air suci peruwatan dan pembersihan diri kepada pendeta.
Jadi artinya, sebagai umat Hindu, kedua hari raya Sugihan tersebut memang patut dua-duanya kita rayakan sesuai dengan maknanya masing-masing. Sugihan Jawa untuk melakukan pembersihan pada bhuwana agung (alam semesta) sedangkan saat sugihan Bali melakukan pembersihan pada bhuwana alit atau diri manusia.
Hal ini menjelaskan bahwa pelaksanaan
Sugihan bukan berdasar pada keturunan. Misalnya keturunan dari Jawa,
atau merupakan orang Bali asli. Namun, ini kembali berpulang pada diri
masing-masing mengenai desa kala patra yang berlaku, beserta
perkembangan yang terjadi, karena, seperti kata pepatah mengatakan,
"Agama mawa tatwa, desa mawa cara"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar