Minggu, 06 Desember 2015

Pengabdian Masyarakat Prodi ADH di Desa Bongkasa Pertiwi, Kec. Abiansemal, Kab. Badung, Minggu 15 November 2015



 
 

Program studi DIV Administrasi Perhotelan (ADH) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang ke dua untuk tahun 2015 ini, di desa Bongkasa Pertiwi, setelah sebelumnya yang pertama diadakan di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, pada tanggal 24 Oktober 2015. Tema yang dipilih adalah Pembinaan dan Pendampingan Sumber Daya Manusia Pengelola Pondok Wisata di Desa Wisata Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, pada hari Minggu, 15 November 2015.
 
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dihadiri para tokoh masyarakat di Desa Bongkasa Pertiwi  yang terdiri dari: Perbekel, Kelian Desa Pekraman, Kelian Dinas Wilayah Desa Pekraman, LPM, anggota Pokdarwis, Ibu-ibu PKK, dan masyarakat Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abian Semal, Kabupaten Badung.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan para dosen di lingkungan STP Nusa Dua Bali. Beberapa hal yang melatar belakangi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut:
  • Desa Wisata Bongkasa Pertiwi yang terletak di Kecamatan Abian Semal merupakan salah satu desa wisata yang baru berkembang menawarkan pesona alam yang asri. Dengan potensi yang dimiliki, diantaranya terasering yang unik, rafting, paint ball, dan kerajinan perak, dan kunjungan wisatawan yang mencapai 500 orang per harinya.

  • Meski Pokdarwis Desa Wisata Bongkasa masih relatif baru, namun sudah dikunjungi oleh wisatawan semenjak tahun 1997, yang diawali dengan kegiatan Bali Adventure Rafting. Ketuanya kini, bapak I Wayan Martana, menjelaskan bahwa Desa Bongkasa Pertiwi terdiri dari tiga Banjar, Yakni Banjar Karangdalem I, Banjar Karangdalem II, dan Banjar Tegal Kuning. Pokdarwis desa Bongkasa Pertiwi juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa pelaku pariwisata untuk promosi kepada masyarakat luas dan bertujuan menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tujuan dibentuknya Pokdarwis adalah untuk memberi pemahaman dan pengetahuan akan pentingnya pariwisata. Dengan pahamnya masyarakat desa diharapkan terjadinya minat masyarakat desa akan potensi wisata desa dan mampu menambah pemasukan desa.
  • Kabupaten Badung saat ini telah memiliki 11 desa wisata, termasuk Desa Bongkasa Pertiwi, dan masih perlu pengembangan secara berkelanjutan, agar bisa menjadi alternatif pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Badung.



Adapun Pengabdian Masyarakat Program Studi Administrasi Perhotelan tahap II di Desa Bongkasa Pertiwi ini meliputi :
    • Identifikasi Potensi wisata di Desa Bongkasa Pertiwi Kecamatan Abian Semal, Kabupaten Badung, Bali.
    • Pemasaran wisata Desa Bongkasa Pertiwi Kecamatan Abian Semal, Kabupaten Badung, Bali.
    • Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Bongkasa Pertiwi Kecamatan Abian Semal, Kabupaten Badung, Bali.
 





 
Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat tahap ke 2 ini, dihadirkan Narasumber : I Gusti Putu Ngurah Budiasa, MA., dan Luh Gde Sri Sadjuni, SE., M.Par., juga I Made Angga Adiguna, GM Tony’s Villa Bali, beserta Ida Bagus Garlika, Ecommerce Manager Tony’s Bali Villa, untuk dapat memberikan berbagai penguatan dan pengalaman dalam mengelola Desa Wisata, terkait Pemasaran Produk dan Pelayanan Pariwisata, Food Product, dan juga materi terkait Front Office dan Housekeeping.    
Berbagai pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat terkait pengelolaan desa wisata beserta permasalahan di lapangan yang dihadapi saat melayani wisatawan diungkapkan seperti misalnya; peningkatan ketrampilan pengelola pondok wisata dalam hal penerimaan tamu, promosi desa wisata, mengolah makanan, menghidangkan makanan, dan cara penyusunan paket wisata yang akan dikembangkan. Pengabdian Masyarakat ini diselenggarakan  di Ruang Pertemuan Kantor Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abian Semal, Kabupaten Badung, pada hari Minggu, 15 November 2015.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar