Minggu, 18 Desember 2016

Pempek Kapal Selam dan Bakso Ala Adi & Yudha







Pempek adalah makanan khas terkenal dari Palembang. Terbuat dari ikan dan tepung, dengan berbagai bentuk, di rebus atau di kukus, kemudian digoreng, lalu dihidangkan dengan kuah yang terbuat dari gula aren serta acar.



Dan, hari ini kami membuat pempek ala – ala. Ada ikan tongkol, ada tepung beras dan tepung jagung, diberi campuran cinta dan kreativitas keluarga. Jadi dah, Pempek ala - ala. Oww ya, juga jadi bakso ikan ala – ala. Hohoho…….


Hidangan ini terbuat dari campuran tepung tapioca dengan ikan tenggiri. Namun berhubung yang kami miliki adalah ikan tongkol, tak mengapa lah, gunakan adonan daging ikan tongkol saja.  Satu lagi, berhubung yang kami miliki hanya tepung terigu dan tepung maizena, campur saja lah. Ehm, yang penting keluarga mampu berkreasi dan bersemangat dalam kebersamaan. Untuk merekatkan tepung, gunakan tambahan telur. Hahaha. Takaran? Ah, kira-kira sendiri saja. Lalu, biarkan tangan-tangan mereka bekerja, mengaduk, mengulen, merebus dan menggoreng. Membuat kuah dari gula aren yang kami bawa dari Sepang, kampung halaman di Buleleng sana. 


Dan hasilnya ??? Taraaaaa !!!! Jadilah, empat porsi pempek kapal selam dan pempek lenjer ala – ala, lalu dua mangkok bakso ikan ala – ala……
Ini, bukan sekedar menikmati hari-hari kami bersama, ini juga bukan sekedar mengajari mereka memasak belaka…… Di dalamnya terkandung filosofi tentang mencintai budaya makanan nusantara, mencintai kebersamaan di antara mereka, mencintai hasil masakan sendiri, selalu bersyukur atas segala yang kami miliki, selalu berkarya tanpa memandang hasilnya harus sempurna……


Tapi asli nya sih, proses dan bahan-bahan membuat pempek itu seperti ini nih……
Bahan utama pempek :
50 gram tepung terigu, tambahkan dua sendok makan garam, tiga sendok makan minyak goring, dua suing bawang putih yang dihaluskan, satu sendok the gula pasir, setengah  sendok the penyedap rasa (kalau suka), 400 ml air matang. I kg daging ikan tenggiri cincang, I kg tepung sagu / kanji / tapioca.


Kemudian bahan dicampur, diaduk dan dibentuk menurut selera.  Pempek kapal selam dengan mengisi telur di bagian dalam adonan, pempek lenjer atau lonjor dengan menggulung memanjang. Direbus lalu didinginkan sebelum digoreng.




Membuat kuah cuka nya, cabe rawit, udang kering ebi, bawang putih yang dihaluskan, gula merah atau gula aren, beri tambahan cuka dua sendok makan, dua sendok makan asam jawa, lalu direbus hingga mendidih.
Rasa campur sari dari kuah yang manis asem pedas ini memberikan sensasi yang memikat saat menikmati pempek panas yang baru selesai digoreng.


Berbagai bentuk pempek adalah kapal selam, lenjer atau lonjor, adaa, keriting, atau dos (tanpa menggunakan ikan).















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar