Jumat, 02 Mei 2014

Tahukah anda, ternyata banyak hal yang kita tidak tahu. Kali ini tentang samsat online






Jelang lewat batas waktu masa berlaku STNK milikku. Biasanya aku mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomer Kendaraan, atau STNK di kaSistem Pelayanan Satu Atap, atau Samsat, yang terletak di daerah Renon. Namun beberapa kesibukan membuatku tidak bisa melakukan hal tersebut.

Jum'at siang, 2 Mei 2014. Setelah menyaksikan acara STP CUP 2014, dengan Lomba Baris Berbaris dan Dance Competition, kuputuskan bergerak ke Klungkung. ngaturang ngayah dalam rangka jelan piodalan di AnggaraKasih Julungwangi. Namun sebelumnya mampir ke CF di Sunset Road, untuk memperpanjang STNK di ruang layanan samsat online, yang terletak di lantai 3 gedung tersebut.

Waktu menunjukkan pukul 12.30 saat tiba di depan ruang samsat online tersebut. Aku menuju loket pendaftaran, kukeluarkan berkas-berkas yang diperlukan. KTP asli yang menyatakan sebagai penduduk Denpasar. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor asli, dan STNK asli. Aku diminta menunggu sebentar, agar bapak dan ibu petugas bisa melakukan konfirmasi terhadap berkas-berkas yang kumiliki. Berikutnya, 10 menit kemudian, aku diminta membayar totalbiaya sebesar Rp 107.000 untuk sebuah motor keluaran tahun 1993 tersebut. Dan, 10 menit berikutnya, aku sudah mendapatkan pengesahan perpanjangan STNK bermotorku.

Layanan samsat online. Sungguh upaya pemerintah untuk menjemput para wajib pajak yang memiliki keterbatasan dalam waktu, ruang dan gerak. Entah itu untuk alasan pekerjaan, rumah tangga, jarak, waktu, biaya dan tenaga. Bukankah, dengan kelengkapan berkas-berkas yang sah dimata hukum, akan sangat memberi keamanan dan kenyamanan dalan beraktivitas bagi para wajib pajak. Berkas-berkas yang sah dan terbukti resmi, memiliki kekuatan yuridis formil, sehingga tidak perlu khawatir dijadikan tersangka atau tertuduh yang telah melakukan pelanggaran hukum.

Layanan samsat online. Buka dari pukul 9.00 s/d pk 14.00, dan buka kembali dari pk 16.00 hingga 21.00, di jalur perjalanan banyak orang, dan dekat dengan berbagai akses, sungguh membantu kita yang tidak tahu, yang memiliki waktu terbatas, yang sedikit memiliki akses, untuk menjadi warga negara yang taat hukum. Selain di pusat belanja Carrefour jalan Sunset Road, satu lagi kantor layanan samsat online ada di pusat belanja Tiara Dewata, dekat dengan RSAD.

Well, aku bukan humas samsat. Namun, sungguh kumerasa terbantu dengan adanya kantor layanan samsat online ini. Urusan perpanjangan STNK selesai hanya dalam waktu 15 menit. Berikutnya, aku kembali bergerak menuju Klungkung, Banjarangkan, Nyalian. Berkumpul dengan keluarga besar untuk ngaturang ngayah, jelang piodalan.

Tahukah anda, ternyata banyak hal yang kita tidak tahu, maka, jangan sok tahu, atau pura-pura tahu, atau tahu tapi tidak memberi tahu, atau tidak mau tahu..... termasuk diriku.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar