Minggu, 29 November 2009

Come & Grow 2009

Come & Grow 2009 adalah tema Welcome Party bagi para mahasiswa Program Studi Administrasi Perhotelan, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, angkatan 2009. Acara ini diselenggarakan di dekat Pura Sakenan, Desa Serangan, pada hari Sabtu, 28 November 2009.

Hmm, untuk acara-acara Welcome Party sebelumnya, tak pernah kuikuti. Gak pernah diundanglah, tempat acara yang jauhlah, eksklusif bagi mereka saja, karena kesibukanku, dan, banyak alasan lain bisa kuajukan. Namun, kali ini, terasa sungguh berbeda. Ada semangat persaudaraan menggelora pada tema acara kali ini, juga niat mereka untuk melakukan tindakan nyata, penghijauan, sebagai bukti peduli lingkungan. Wah..... harus kusempatkan hadir pada acara mereka kali ini.

Dari jauh hari, sudah kuikuti gerak panitia memulai langkah mereka. Kuwanti pak Dewa agar peristiwa yang dialami Bu Wiwik tidak terulang kembali. Upaya mereka melakukan pendekatan pada adik kelas calon peserta acara, pihak dosen dan manajemen lembaga kampus sendiri, keluarga dan para sahabat, Kepala Lingkungan dan masyarakat sekitar dimana acara bakal berlangsung, harus kuacungi jempol. Tidaklah gampang berurusan dengan berbagai pihak birokrat dan masyarakat luas di luaran sana. Tak jarang, sifat egois dan emosi tercampur baur didalamnya. Hal ini rentan memancing jiwa-jiwa remaja mereka yang masih labil untuk memberontak dan bersikap frontal, bahkan terhadap rencana yang sudah mereka susun dengan rapi.

Saat tiba menjelang pukul 9 pagi hari Sabtu 28 November 2009, tak jauh dari digelarnya acara Come & Grow 2009, acara serupa juga digelar oleh Pertamina Gathering Family dengan tema Go Green. Hmm, kebangkitan kesadaran terhadap Global Warming ternyata telah menjadi perhatian serius dari berbagai pihak. Bumi semakin panas, dan, mau tidak mau, hanya kita sendiri yang bisa lakukan perubahan perbaikan situasi ini. Atau... akan sangat terlambat menyadarinya beberapa tahun lagi. Dan kali ini, baru 500 bibit anakan bakau yang bisa mereka tanam. Namun jumlah ini sangatlah membanggakan.

Namun, remaja tetaplah remaja. Mahasiswa sekalipun.... mereka tetaplah miliki jiwa dan semangat remaja dalam dirinya. Maka, terselip pula acara Games & Fun, Queen & King ala mereka, ber foto ria, saling dorong dan mengerjai temannya bahkan disaat sedang berada di area berlumpur tempat menanam bibit bakau / mangrove, acara perayaan hari lahir salah satu peserta saat itu, teriakan dan celotehan khas remaja yang seolah tiada henti hingga akhir acara, dan gaya tidur panitia yang terlelap di bawah pohon besar karena lelah dan kantuk menyerang.

Keterlibatan pihak manajemen sungguh besar. Hal ini terbukti dengan hadirnya tiga Pembantu Ketua, yakni, Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya, MM., Drs. IBP Puja, M.Erg, dan Ir. Sukana Sabudi, MP. pada acara tersebut. Juga beberapa dosen lain, dan bahkan para alumni STPNDB yang telah berhasil meretas prestasi, baik di dalam kampus sebagai mantan Ketua Senat Mahasiswa, maupun di luar kampus, sebagai Owner dari sebuah usaha Cargo ke luar negeri yang sukses. Hal ini membuktikan bahwa prestasi bisa diperoleh untuk membuktikan tingkat profesionalitas, baik dalam hal belajar maupun bekerja. Tidak perlu takut dan malu untuk menampilkan diri, mengejar prestasi, baik dalam proses belajar, aktif dalam kegiatan Senat Mahasiswa Kampus, mewakili STPNDB dalam berbagai kegiatan di luar Kampus, dan mewujudkan cita-cita di kemudian hari.

Tumbuh dan berkembanglah, anak-anakku....

Kepakkan sayap-sayap kalian, terbanglah tinggi menjulang, kejar segala cita dan cinta kalian. Isi setiap relung hati dan jiwa kalian, dengan pahit manisnya, getir dan indahnya hari-hari yang kalian miliki, sejak kalian bergabung dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, hingga tamat, dan meretas berbagai jalan hidup kalian masing-masing. Jangan pernah menyerah, walau segala cobaan dan tantangan menghadang, walau tangis dan darah tertumpah basahi diri.... Majulah, majulah terus bunga bangsa... Tunjukkan kalian pantas mengisi dunia ini dengan segenap kemauan dan kemampuan yang kalian miliki.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar