Minggu, 28 Februari 2016

Uji Kompetensi LSP P1 STPNB, 26 s/d 28 Februari 2016




Berawal dari Hari Jum'at, 26 Februari 2016, Serangkaian Uji Kompetensi diselenggarakan oleh LSP P1 STPNB, bagi para mahasiswanya. Target yang telah ditetapkan oleh STPNB, sesuai permintaan BNSP, adalah 3500 para peserta uji kompetensi, pada tahun 2016. Meningkat dari tahun 2015, sejumlah 2500 orang.

Pada hari Jum'at, 26 Februari 2016, terdapat 9 grup / ruang Uji Kompetensi, dimana pada masing-masing grup terdapat 8 dosen yang telah memiliki sertifikat sebagai asesor, dan 2 orang dosen asesor tandem, sehingga total berjumlah 72 orang dosen yang telah memiliki sertifikasi asesor. Pada masing-masing grup terdapat 8 sampai 9 orang mahasiswa peserta Uji Kompetensi, sehingga total jumlah mahasiswa sebanyak 75 orang, dari Program Studi DIV Administrasi Perhotelan semester 8, kelas A, B, dan C.


Pada hari Sabtu, 27 Februari 2016, terdapat 9 grup / ruang Uji Kompetensi, dimana pada masing-masing grup terdapat 7 dosen yang telah memiliki sertifikat sebagai asesor, dan 2 orang dosen asesor tandem, sehingga total berjumlah 63 orang dosen yang telah memiliki sertifikasi asesor. Pada masing-masing grup terdapat 8 sampai 9 orang mahasiswa peserta Uji Kompetensi, sehingga total jumlah mahasiswa sebanyak 75 orang, dari Program Studi DIV Administrasi Perhotelan semester 8, kelas A, B, dan C.
Pada hari Minggu, 28 Februari 2016, terdapat 9 grup / ruang Uji Kompetensi, dimana pada masing-masing grup terdapat 7 dosen yang telah memiliki sertifikat sebagai asesor, dan 2 orang dosen asesor tandem, sehingga total berjumlah 63 orang dosen yang telah memiliki sertifikasi asesor. Pada masing-masing grup terdapat 8 sampai 9 orang mahasiswa peserta Uji Kompetensi, sehingga total jumlah mahasiswa sebanyak 75 orang, dari Program Studi DIV Administrasi Perhotelan semester 8, kelas A, B, dan C.

Uji Kompetensi di kampus kami  adalah salah satu cara membuktikan kecakapan dan potensi yang kita miliki. Dalam hal ini terkait dengan situasi dan kondisi MEA, dimana tenaga kerja dituntut memiliki kemampuan dan keahlian prima sesuai standar yang ada, bagi jabatan dan pekerjaan yang sesuai.




Hari pertama Uji Kompetensi, Jum'at, 26 Februari 2016. Aku tergabung dalam Grup II, dan mendapat tugas di ruang LA 102, bersama ibu Made Darmiati, ibu Ayu Aryasih, ibu Ni Ketut Mareni, ibu Dewa Ayu Lily Dianasari, bapak Made Artajaya, bapak AA Alit Pujawan, dan bapak Nyoman Wiratnaya. Dengan Asesor tandem ibu Nyoman Reni Ariasri, dan ibu IGA Putu Wita Indrayani. Kami mendapatkan 8 peserta Uji Kompetensi, mahasiswa Prodi DIV Administrasi Perhotelan semester 8 kelas A:
a). Putu Ayu Mega
b). Sang Ayu Nyoman Astri
c). Stevinna Andrea
d). Tezza Agustina
e). Anthony Kevin
f). Decky
g). Denny Adrianto
h). Yustina
dengan Skema Uji Unit Kompetensi untuk Grup II di ruang LA 102, pada hari Jum'at 26 Februari 2016:
1). Communicate effectively on the telephone
2). Comply with workplace hygiene procedures
3). Develop and update local knowledge
4). Implement occupational health and safety procedures
5). Maintain hospitality industry knowledge
6). Perform basic first aid procedures
7). Provide a link between kitchen and services
8). Provide food and beverage services



Hari kedua Uji Kompetensi, Sabtu, 27 Februari 2016. Aku tergabung dalam Grup I, dan mendapat tugas di ruang LA 101, bersama ibu IGA Dewi Hendriyani, ibu NK Juli Rastitiati, ibu Putu Oka Agustini, ibu IGA Sucita Dewi, ibu NLK Sri Sulistyawati, dan bapak Putu Arnawa. Dengan Asesor tandem, ibu Ni Ketut Iswarini. Kami mendapatkan 8 peserta Uji Kompetensi, mahasiswa Prodi DIV Administrasi Perhotelan semester 8 kelas A: 
a). Gabriella Jeanete
b). IGA Adnya Pratiwi
c). Kadek Ayu Putri
d). Lisa Jayanti
e). Made Suryani
f). Nadya Nisitaswari
g). Ni Luh Desiana
 i). Ni Luh Gede Sri Utami
dengan Skema Uji Unit Kompetensi untuk Grup I di ruang LA 101, pada hari Sabtu, 27 Februari 2016 :
1). Read and interpretation basic instructions, direction and / or diagram, 
2). Receive and resolve customer complaints
3). Speak english at a basic operational level
4). Work effectively with colleaques and costumers
5). Work in a socially diverse environtment
6). Process a financial transaction of services rendered
7). Provide querridon services



Hari kedua Uji Kompetensi, Minggu, 28 Februari 2016. Aku tergabung dalam Grup VI, dan mendapat tugas di ruang LB 102, bersama ibu IGA Sucita Dewi, ibu Ayu Aryasih, ibu Widuri Ayu Setyowati. Dengan Asesor tandem, bapak Nyoman Sunada. Kami mendapatkan 9 peserta Uji Kompetensi, mahasiswa Prodi DIV Administrasi Perhotelan semester 8 kelas B:
a). Putu Yara
b). Tiara Dhevi
c). Deo Akbar
d). Gede Dirga
e). Hendra Sutrisno
f). IGA Krisna
g). I Kadek Wira Adi Kesuma
h). IB Bathya
i). IB Manuhadi
dengan Skema Uji Unit kompetensi untuk Grup VI di ruang LB 102, pada hari Minggu, 28 Februari 2016: 
1). Provide Silver Service, 
2). Serve a range of wine products, 
3). Receive and securely store in coming goods, 
4). Performs child protection duties relevant to the tourism industry, 
5). Develop and maintain food and beverage product knowledge, 
6). Perform basic first aid procedures, 
7). Promote hospitality products and services.


Hari Minggu, 28 Februari 2016, merupakan hari ketiga Uji Kompetensi di kampus kami. Hari ini aku mendapat tugas di ruang LB 102, dengan 9 orang mahasiswa, bersama ibu Ayu Aryasih, ibu Widuri, ibu IGA Sucita Dewi, dan bapak Nyoman Sunada. Salah satu mahasiswa adalah I Kadek Wira Adi Kesuma. 



Dengan Uji Kompetensi Unit Perform basic first aid procedures, dan Promote hospitality products and services, aku mendapat jadwal ujian terakhir. Setelah serangkaian ujian dilalui, Dek Wira berkata, “Bu, bolehkah saya mendahului pulang? Adik saya opname sekarang di Surya Husadha, karena Typhus.”.....

Ah, di tengah serangkaian proses perkuliahan, persiapan APM, UPP, Skripsi, dan, hari libur masih masuk untuk mengikuti Uji Kompetensi, ditambah lagi, salah satu anggota keluarga jatuh sakit...... sungguh, sebuah situasi yang membutuhkan kesabaran dan ketangguhan mereka dalam menghadapinya di tengah kehidupan ini....


Anakku sayang.....
Terkadang, hidup tidaklah mudah. Tidak berjalan indah seperti impian dan harapan. Terjatuh dan tersungkur berkali, bangkitlah kembali berkali dan berkali lagi, dan lagi....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar