Jumat, 23 Juni 2017

Don't Lose Hope, We''ll Stand Together






Snack Party. Apa sih manfaatnya?? Cuma kumpul-kumpul doang. Kan ada yang puasa. Kan masih ada yang ujian? Kan kita sudah harus pulkam. Kan masih harus kerja. Kan harus bimbingan lagi, temuin dosen, rapat lain, buat tugas, masuk tempat training. Kan, kan, kan, dan berbagai kan lain...... Trus, gimana dong?



Namun, kegiatan ini sudah dibuat rencananya sesuai dengan target yang disampaikan dan dibahas dalam beberapa pertemuan..... Kegiatan tanpa perencanaan, tentu bakal kacau. Tanpa melibatkan banyak orang untuk memberi masukan, membantu pelaksanaan kegiatan tersebut, tanpa monitoring, dan evaluasi, tanpa keikutserta berbagai pihak lain.



Ketua Program Studi Administrasi Perhotelan telah menyampaikan dalam beberapa kali diskusi informal, pada berbagai media komunikasi Prodi, dan pada saat pertemuan hari Selasa, 20 Juni 2017, bahwa Snack Party diharapkan dapat menjadi suatu bentuk sarana Prodi ADH dalam menyampaikan pesan, saran, dari dosen bagi para mahasiswa yang bakal meninggalkan semester sekarang, melangkah ke semester berikutnya. Bagi para mahasiswa yang bakal berada di masa training selama satu semester, bagi para mahasiswa yang sedang berkutat dengan periode bimbingan skripsi. Bagi para mahasiswa yang bakal berpindah ke bidang studi selanjutnya, seperti dari Manajemen Tata Hidangan ke Manajemen Divisi Kamar, dari Manajemen Divisi Kamar ke Manajemen Tata Boga, dari Manajemen Tata Boga ke Manajemen tata Hidangan.



Kebayang kan, bila kita gak ada yang menyampaikan informasi, tentang apa aja sih yang bakal kita temui di semester depan, bakal ngapain nih sekarang di musim liburan sebulan, mau pulkam tapi jauuuh banget, rindu dengan orang rumah tapi harus menuntaskan tugas kampus, skripsi. Apakah kampus bakal tutup sebulan? apa saja yang harus kita lakukan saat training semester depan, siapa kah dosen Pembimbing Akademik kita? apakah sama dengan semester lalu? Bagaimana jika saya masih punya nilai yang belum kelar, padahal mau ujian sidang skripsi segera. Apa yang harus saya lakukan jika postpone untuk beberapa mata kuliah? Bolehkah saya menemui dosen pembimbing saat liburan kuliah? Bagaimana saya bisa tahu perkembangan kampus di saat libur Lebaran seminggu ini. Bagaimana dengan kondisi saya yang belum dapat tempat training buat semester depan ? 



Well, Ajang snack party bisa jadi salah satu media mengakrabkan dosen, pegawai dan mahasiswa. Saya bisa tahu dari diskusi dengan para mahasiswa dari semester dua, enam dan delapan dari Program Studi Administrasi Perhotelan. Dari ke empat kelas mahasiswa semester dua, dari ke empat kelas mahasiswa semester enam, dan dari ketiga kelas mahasiswa semester delapan. Empat kelas mahasiswa semester empat sedang mengikuti training di pihak industri.



Saya bisa tahu, si Kevin jarang bimbingan karena ibunya opname, giliran dengan adiknya, dan dia bertanggungjawab merawat keluarganya. Saya jadi paham, si Jo sering datang telat, bahkan saat ujian, karena menunggu jemputan si Ngurah yang sering bangun kesiangan. Saya bilang mereka Genk Telat. Saya jadi mengerti si Novita yang baperan namun bijak banget. Saya bisa tahu karakter dosen yang jadi trending topik bahasan di kalangan para mahasiswa, termasuk trending topik para mahasiswa itu juga yang jadi bahasan teman-temannya. Saya jadi belajar banyak dari pola kepemimpinan para dosen dalam berkomunikasi dengan para mahasiswa. Bahkan, saya jadi paham topik bahasan para mahasiswa tentang saya, yang perlu saya perbaiki dari diri sendiri......



Apa yang dibawa saat Snack Party? Jajan seharga sepuluh ribu an, apa pun itu, akan di sharing bersama. bagaimana yang sedang berpuasa? yang tidak bisa makan makanan yang dia peroleh? yang gak mendapatkan jajanan yang diinginkan? Ah, intinya bukan terletak pada makanannya, bukan pada produknya. Iman, emosi, makanan, sudah seharusnya tidak mengendalikan kita. Namun kita yang mengendalikannya bersama-sama. Ini adalah tentang komunikasi kita bersama. Ini adalah tentang hubungan kita, dalam semangat kebersamaan, dalam rasa persahabatan, persaudaraan. Ini adalah temu jumpa, membahas kegiatan yang telah berjalan, memdiskusikan tentang kegiatan yang akan datang, melakukan ini bersama-sama , membahasnya bersama, agar tercapai tujuan kita bersama.



Maka, pada hari Senin 19 Juni 2017, Undangan kegiatan Snack Party diedarkan di seluruh kelas Program Studi Administrasi Perhotelan yang ada di kampus. Dan, para dosen, mahasiswa juga pegawai hadir pada kegiatan Snack Party tanggal 22 Juni 2017 di Aula, pukul 12.30 - 14.15 kemarin, dibahas tentang Ujian Seminal Hasil Penelitian, Ujian Skripsi, dan Yudisium serta Wisuda bagi para mahasiswa semester 8, pembahasan tentang Management Training dan Laporan Management Training terkait dengan mahasiswa semester 6, pembahasan tentang perkuliahan semester berikutnya terkait mahasiswa semester dua. 



Kami bahkan merayakan secara sederhana, rekan dosen serta mahasiswa yang berulang tahun bulan Juni ini, dengan menghadiahi mereka permen yang kubeli seharga tiga ribu rupiah per bungkus nya...... Saat melihat banyak mahasiswa tampil ke depan dan mengaku berulang tahun bulan Juni, pak Dewa bertanya, “Cukup gak, jumlahnya, bu”... Kubilang, tenang pak, saya sudah beli di kantin tadi, 30 bungkus permen enak ini...... Ini bukan cuma sekedar berbagi informasi dan jadi ajang komunikasi kita. Ini adalah tentang berbagi semangat kebersamaan, berbagi kebahagiaan.... 



Ini bukan tentang produk, bukan tentang snack, bukan tentang harga snack, bukan tentang bentuk dan bungkusan snack, bukan pula tentang isi snack. Ini adalah tentang hubungan, komunikasi yang tercipta di dalam suatu hubungan, terjaga dengan baik, indah, bersemangat dan bertanggungjawab, arus informasi, semangat kebersamaan, curhatan, motivasi, kritik dan saran ......

Don't lose hope. Don't ever feel defeated. Don't ever think it is not possible. Just keep on trying. Because if your heart and your will is in the right place, If it is mean to be, it is meant to be, when the day will come, that you'll reach your dreams.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar