Kamis, 08 Maret 2018

Aplikasi Manajemen Program Studi Pengelola Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali 2018


Berawal dari kelas D semester 8, Aplikasi Manajemen Program Studi Pengelola Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali dimulai pelaksanaannya semenjak hari Jum'at, 9 Maret 2018.



Setelah melalui serangkaian proses, mulai dari penetapan topik pada awal tahun lalu, 2017, diskusi awal bersama mahasiswa masing masing kelas, Ketua Program Studi Administrasi Perhotelan pada waktu itu, I Gusti Putu Ngurah Budiasa,  telah memutuskan, terdapat empat topik bagi Program Aplikasi Manajemen bagi semester 6 pada waktu itu, untuk dilaksanakan pada saat semester 8, setelah mereka melaksanakan Management Training saat semester 7. Ke empat topik tersebut yakni Program Lounge Bar, Program Pengelolaan Hotel Laguna, Program Seminar Internasional, dan Program Keberlangsungan Kerjasama dengan Ubud Home Stay Association (UHSA). 



Setelah undian dilakukan, Program Lounge Bar diperuntukkan bagi kelas ADH C saat mereka berada pada semester 8. Program Pengelolaan Hotel Laguna diperuntukkan bagi kelas ADH A saat mereka berada pada semester 8. Program Seminar Internasional diperuntukkan bagi kelas ADH D saat mereka berada pada semester 8. Program Keberlangsungan Kerjasama dengan Ubud Home Stay Association diperuntukkan bagi kelas ADH B saat mereka berada pada semester 8.



Berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari diskusi bersama para dosen pembimbing, pengajuan proposal kegiatan Aplikasi Manajemen, hingga presentasi proposal kegiatan di depan para pimpinan manajemen Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Revisi mata anggaran, pematangan diskusi, hingga berbagai program evaluasi telah mereka lalui. 



Pembimbing Program Aplikasi Manajemen bagi kelas A semester 8 adalah Dewa Ketut Sujatha, Ida Bagus Putu Puja, Ni Nyoman Sukerti, dan Diah Prabawati. Pembimbing Program Aplikasi Manajemen bagi kelas B semester 8 adalah Ni Luh Ketut Sri Sulistyawati, I Wayan Muliana, Wayan Jata, dan Dewa Gede Hendriyana. Pembimbing Program Aplikasi Manajemen bagi kelas C adalah Luh Gde Sri Sadjuni, NDM Santi Diwyarthi, Nyoman Gede Mas Wiartha, dan I Nyoman Wirtha.  Pembimbing Program Aplikasi Manajemen bagi kelas D adalah I Nyoman Sukana Sabudi, Diah Sastri Pitanatri, Suastini, dan Andita Dwi P.



Dan, hari ini, Jum'at 9 Maret 2018, adalah puncak kegiatan Program Aplikasi Manajemen yang dikelola oleh ADH semester 8 kelas D. Seminar Internasional bertajuk "Emerging Hotel Management Through Digital Marketing" digelar di hotel Mercure, dengan jumlah hampir 100 peserta yang berasal dari enam negara. Ini nantinya diharapkan akan dapat menjadi rangkaian kegiatan yang berkelanjutan, yang memberikan gambaran dan mampu menjadi acuan mengenai situasi manajemen perhotelan dewasa ini, khususnya mengenai digitalisasi marketing. Sesuai dengan tema mereka, "Leading The Future with International Hospitality Outlook 2018.



Sebagai Pembicara pada acara ini adalah  Reza Sunardi dari International Hotel General Manager Association, Ricky Putra selaku GM The Royal Santrian Benoa, sekaligus ketua Bali Hotel Association, Fransisca Handoko selaku GM Risata Bali Resort & Spa. Dengan moderator Dr. Irene Hanna Sihombing, SE., MM.



Well...... Di antara berbagai aktivitas perkuliahan yang tetap berjalan pada semester 8 ini, para mahasiswa dituntut untuk tidak hanya fokus pada Program Aplikasi Manajemen. Mereka baru saja menuntaskan Program Praktek Kerja Nyata Manajemen Training di berbagai hotel beserta Ujian Laporan PKN nya, mereka juga sedang berjuang dalam proses Usulan Proposal Penelitian bagi skripsi mereka. Semoga pelaksanaan Program Aplikasi Manajemen Program Studi Administrasi Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali berjalan lancar, dan semoga kalian semua berhasil melaksanakan tugas dengan baik, sehingga bisa bersama wisuda pada bulan September 2018 ini.........


Tidak ada komentar:

Posting Komentar