Kamis, 26 Maret 2020

Sraddha




Craddhaya satyam apnoti
Craddham satye prajapati
Dengan sraddha orang akan mencapai Tuhan
Tuhan menetapkan, dengan sraddha bersatu dengan Tuhan

Sradha merupakan keyakinan umat Hindu terkait tujuan hidup. Bayangkan bila kita tidak memiliki tujuan, tidak ada pegangan atau pedoman hidup, tidak memiliki visi dan misi, maka hidup akan terasa hampa dan tiada berguna. Sradha atau kepercayaan dan keyakinan hidup ini diterapkan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, suatu ajaran yang melandasi tujuan hidup, serta disiplin yang harus dilakukan. Ketiga hal tersebut terwujud dalam Sadya, Sadhana, dan Sastra. Sastra menggambarkan tentang ajaran atau falsafah kehidupan yang menguraikan pedoman hidup, terkait kebajikan, petuah, jalan spiritual. Sadhana menjelaskan upaya spiritual, proses latihan, penguasaan dan pengendalian diri, dalam menggapai jalan dharma. Sadya menggambarkan disiplin diri, integritas, konsentrasi, kesediaan, kesiapan, kematangan diri dalam melaksanakan keyakinan tersebut. 

Ajaran agama yang bertitiktolak dari keyakinan akan adanya Tuhan Yang Maha Kuasa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, membuat Agama merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemahaman yang baik terhadap ajaran agama dapat menuntut seseorang mencapai kebahagiaan lahir dan batin, menghindari konflik dengan berbagai lapisan masyarakat. Sudah sepatutnya, tokoh masyarakat, kaum cerdik cendekiawan, orangtua, pemerintah, bisa menjadi teladan dan memberikan informasi tepat mengenai terapan ajaran agama dalam kehidupan.

Yaska menjelaskan bahwa Sradha berarti kebenaran (satyanamani). Menurut Sayana, Sradha berarti Adaratisaya / bahumana, penghargaan tertinggi (RegWeda I, 107: V.3), Visvasa, keyakinan atau kepercayaan (RegWeda II, 12:5), Purusagatobhilasa visesah, suatu bentuk yang istimewa dari keinginan manusia (RegWeda X. 151), Sraddhadhanah sebagai karmanustannatatparah, Dia yang memiliki keyakinan di dalam diri, dan semangat untuk mempersembahkan upacara pemujaan (Atharvaveda VI. 122:3).

Sraddha atau keyakinan dalam agama Hindu ada lima, Yakni Widhi Tatwa, Atma Tatwa, Karmaphala Tatwa, Punarbhawa atau Samsara Tatwa, Moksa Tatwa. Widhi Tatwa atau Widhi Sraddha, Keyakinan terhadap Brahman, Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dengan berbagai manifestasinya, lambang, simbol,gambar, bentuk, fungsi, makna. Atma Tatwa atau Atma Sraddha merupakan keyakinan adanya atma yang bersemayam di dalam tubuh, yang membuat tubuh bernyawa. Karmaphala Tatwa atau Karmaphala Sraddha, keyakinan bahwa setiap perbuatan memiliki akibat, hasil dari perbuatan. Punarbhawa, Samsara Tatwa, atau Samsara Sraddha, keyakinan terhadap kelahiran kembali, menitis berkali untuk berbenah diri, menjadi semakin baik. Moksa Tatwa, atau Moksa Sraddha, keyakinan akan bersatunya sang atman dengan sang Brahman.

Agama Hindu bersifat monotheisme, percaya akan satu Tuhan, tidak bisa terpisahkan dan dibagi-bagi. Sifat keesaan Tuhan disampaikan dengan berbagai istilah, pada awalnya Purusha (yang tiada terbatas), Hiranyagarbha (pencipta seluruh mahluk yang ada), Prajapati (asal mula semua mahluk), Pita (ayah dari semua yang ada), namun tidak mempengaruhi hakikat Tuhan yang hakiki, sebagai Tyhan Yang Maha Esa. Sebagaimana tercantum di dalam Reg Weda Mandala I. Sukta 164: Mantra 46, “Om Ekam Sat Wipra Bahudah Wadanti, Agnim Yamam Matariswanam”. Ia yang tunggal, absolut, satu-satunya, namun disebut dengan berbagai istilah oleh umat manusia. Di dalam Upanishad IV. 2.1 disebutkan “Om Tat Sat Ekam Ewa Adwityam Brahman”, Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, hanya satu dan maha sempurna. Di dalam Narayana Upanishad disebutkan “Eko Narayana na Dwityo Sti Kacit”, hanya satu Tuhan yang disebut Narayana, tiada duanya. Di dalam Sama Weda 327 disebutkan “Sumeta visva ojasa patim divo, Ya eka id bhur atihir jnanam, sa purvyo nutanamo aji gisan, tam vartanir anu vavrta eka id”, Marilah datang pada Nya, penguasa semesta. Dia yang Esa, dan satu-satunya. Dia yang ada semenjak dahulu kala hingga kini. Hanya kepada Nya semua arah tujuan. Dia satu-satunya. “Om twam siwa twam mahadewa, Iswara parameswara, Brahma, Wisnu ca, Rudra ca, Purusah parikirtitah”, Engkau yang disebut Siwa, Mahadewa, Iswara, Parameswara, Brahma, Wisnu dan juga Rudra. Engkau adala asal mula dari segala yang ada di dunia.


Referensi:
Widhi Tatwa, Filsafat Hindu.
I Nyoman Kurniawan. Catur Sadhya Sadhana, Empat Tiang Kesadaran Sempurna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar