Selasa, 12 April 2016

Aplikasi Manajemen DIV Administrasi Perhotelan, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali 2016



Aplikasi Manajemen  DIV Administrasi Perhotelan,  Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali 2016


Program Studi D IV Administrasi Perhotelan STPNB, semester 8, baik kelas A, B dan C, memiliki salah satu program terkait proses belajar dan mengajar, yakni Aplikasi Manajemen. Di awal semester, mereka ditugaskan menemu kenali, menggali informasi, dan menjalin interaksi dengan pihak hotel yang telah mereka pilih sebagai tempat mengaplikasikan rangkaian ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap yang mereka miliki selama ini.


Sudah tentu, terkadang, itikad baik untuk menggali data dan informasi, kemudian dibarengi dengan proses melakukan analisis sampai pada memberikan saran bagi pihak manajemen hotel, bukan merupakan hal yang bisa diterima. Maka para mahasiswa dan mahasiswi berupaya menjalin komunikasi intens dengan pihak manajemen hotel, demi tercipta hubungan baik, dan mampu mencapai pemahaman yang baik pula secara bersama-sama.


Program Studi D IV Administrasi Perhotelan STPNB, semester 8, kelas A, memilih hotel Champlung Sari Resort yang terletak di Monkey Forest, Ubud. Program Studi D IV Administrasi Perhotelan STPNB, semester 8, kelas B, memilih hotel Nirmala yang terletak di Gianyar. Program Studi D IV Administrasi Perhotelan STPNB, semester 8, kelas C, memilih hotel Dewi Sinta yang terletak di Tanah Lot.


Aplikasi Manajemen kelas A berada di bawah komando Lisa sebagai GM, kelas B dengan IB Bathya sebagai GM, dan kelas C di bawah komando Rai. Mereka berupaya memberikan yang terbaik bagi kelas, bagi Lembaga STPNB, bagi pihak hotel yang mereka eksplorasi, dan bagi masyarakat di mana pun mereka berada.



Seminar Hasil Aplikasi Manajemen tersebut dilaksanakan setelah seluruh rangkaian eksplorasi, analisis data terhadap hasil temuan mereka, perumusan hasil penelitian, dan perangkaian saran tuntas dilakukan bersama, dengan bimbingan para dosen pendamping program Aplikasi Manajemen.



Kelas A smt 8 Prodi ADH STPNB, para dosen pembimbing APM adalah Drs. IB Putu Puja, M.Kes., Ni Nyoman Sukerti, SE., M.Si., Dra. NDM Santi Diwyarthi, M.Si., Putu Diah Sastri Pitanatri, S.ST., Par., I Dewa Putu Hendri Pramana, S.Kom., dengan ketua pelaksana kegiatan tersebut adalah Ni Luh Gde Sri Sadjuni, SE., M.Par.



Kelas B smt 8 Prodi ADH STPNB, para dosen pembimbing APM adalah Drs. Dewa Ketut Sujatha, M.Si., Dr. Luh Micke Anggraini, S.St. Par., Dra. NLKS Sulistyawati, M.Par., Drs. I Wayan Jata, M.Phil., dengan ketua pelaksana kegiatan tersebut adalah Dra. NDM Santi Diwyarthi, M.Si.



Kelas C smt 8 Prodi ADH STPNB, para dosen pembimbing APM adalah I Gusti Putu Ngurah Budiasa, MA., Ir. I Nyoman Sukana Sabudi, MP., Luh Gde Sri Sadjuni, SE., M.Par., Ni Made Suastini, SE., MM., Dra. IGA Mirah Darmayanty, M.Si, dengan ketua pelaksana kegiatan tersebut adalah Drs. IB Putu Puja, M.Kes.




Seminar hasil APM Prodi ADH STPNB 2016, bagi kelas A, telah dilaksanakan pada hari Jum’at, 1 April 2016, bertempat di hotel Champlung Sari Resort & Spa, dengan narasumber Sang Nyoman Gunarta, SH., GM Santika Hotel, dan ibu Dani Suminar Sari, S.Pd., HR Coordinator Le Meridien Hotel. 





 

Seminar hasil APM Prodi ADH STPNB 2016, bagi kelas B, telah dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Maret 2016, bertempat di Aston Hotel, Jl. Gatot Soebroto, Denpasar, dengan narasumber Ibu Putri Melati, Asisten Training Manager Oberoi Hotel, dan bapak Budi Wijaya, General Manager Quest Hotel Denpasar.


 



Seminar hasil APM Prodi ADH STPNB 2016, bagi kelas C, dilaksanakan pada hari Rabu, 6 April 2016, bertempat di Dewi Sinta Hotel, Tanah Lot, dengan narasumber Dewa Rucika, (Resident Manager Hotel Nikko di Nusa Dua), dan I Made Suama (Executive Chef The Royal Pitamaha Resort & Spa). 




Champlung Sari Hotel ”A forest Haven in The heart of Ubud”…. Demikian tulisan yang menyapa hangat tatkala memasuki area hotel ini. Wajah hangat bapak Dewa beserta seluruh staf hotel, membuat hangat pula suasana hospitaliti yang mengalir akrab di seluruh hotel selama mahasiswa dan mahasiswi melaksanakan aktivitas terkait APM, baik pada bidang Human Relationship, Sales & Marketing, Food & Beverages Services, Food Product, Front Office & Spa, dan Housekeeping.


Terima kasih, pak Dewa, terima kasih, pak Edi, terima kasih, ibu dan bapak seluruh staf beserta jajaran manajemen Champlung Sari Hotel, yang telah berkenan membuka hotel bagi kami untuk melengkapi proses pembelajaran kami. Semoga kita bisa selalu menjalin interaksi yang menyenangkan ini, demi kemajuan dan perkembangan bersama.


Nirmala Guest House would be a lovely “Home away from home”, when you’re in Bali….. Demikian kalimat yang tertulis dan ditawarkan hotel ini bagi wisatawan yang mengecek situs mereka. Dengan komando bapak Jovis, panggilan akrab bagi General Manager hotel ini di mata para karyawan, mereka selalu berupaya belajar meningkatkan kualitas pelayanan bagi para wisatawan yang datang berkunjung dan menginap di hotel tersebut.


Terkait dengan program APM di hotel Nirmala tersebut, para mahasiswa dan mahasiswi Prodi ADH B angkatan 2012 berupaya memberikan yang terbaik demi pihak hotel. Mengungkap dan melakukan analisis dari berbagai departemen yang ada di Hotel Nirmala, seperti Front Office, Terima kasih, bapak Jovis, terima kasih, para staf, seluruh jajaran manajemen, beserta pemilik hotel, yang telah member kesempatan para mahasiswa dan mahasiswi kami untuk melakukan eksplorasi data hotel, dan mengaplikasikan kemampuan mereka, di hotel yang bapak dan ibu kelola. Semoga hubungan baik ini terus terbina dan berjalan dengan baik pula adanya…..

















Hotel dan Resto Dewi Sinta terletak di Tanah Lot, memiliki 27 kamar, dengan tiga tipe kamar, standard, delux dan suite. Hotel ini juga memiliki panggung terbuka dan ruang pertemuan yang bisa dipergunakan untuk pementasan seni dan budaya berupa Kecak, Tektekan, dan juga Legong. Terima kasih, bapak Ngurah Arya. Sudah menerima kami semua untuk menggali data dan melakukan analisis bersama di lingkungan hotel yang bapak kelola.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar