Jumat, 04 Maret 2011

Hening, Sunya, Sunia (copas dari Opa WE)


Amati geni (tidak menghidupkan api), Amati karya (tidak bekerja), Amati lelungan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak mencari hiburan). Tiada api yang dapat menyamai nafsu, tiada cengkeraman yang dapat menyamai kebencian, tiada jaring yang dapat menyamai ketidaktahuan, dan tiada arus yang sederas nafsu keinginan. [Dhammapada, http://wirajhana-eka.blogspot.com/2007/08/bab-18.html#Syair251]

Bisa jadi perayaan kemenangan Raja Shalivahana (Gautamiputra Satakarni) ketika menaklukan Saka di 78 M dilakukan dengan menjalankan Upasatha sila [Attha Sila/Delapan Sila] yang kerap dilakukan pada bulan baru dan bulan penuh..namun kali itu.. dilakukan sebagai penanda keheningan baru di tahun yang baru..

1. Panatipata veramani sikkhapadam samadiyami
Aku berjanji untuk menahan diri dari menyakiti secara fisik makhluk
hidup.

2. Adinnadana veramani sikkhapadam samadiyami
Aku berjanji untuk menahan diri dari mengambil barang yang bukan miliku.

3. Abrahmacariya veramani sikkhapadam samadiyami
Aku berjanji untuk menahan diri dari aktivitas seksual.

4. Musavada veramani sikkhapadam samadiyami
Aku berjanji ajaran untuk menahan diri dari pembicaraan yang tidak benar
.
5. Suramerayamajja pamadatthana veramani sikkhapadam samadiyami
Aku berjanji untuk menahan diri dari minuman memabukkan dan obat-obatan
yang menyebabkan kurangnya kesadaran.

6. Vikalabhojana veramani sikkhapadam samadiyami
Aku berjanji untuk menahan diri dari makan pada waktu yang tak sesuai (yaitu, setelah tengah hari).

7. Nacca-gita-vadita-visukkad
assana
mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
Aku berjanji untuk menahan diri dari menari, menyanyi, mendengar musik,
melihat hiburan, memakai karangan bunga, menggunakan parfum, dan
mempercantik tubuh dengan kosmetik .

8. UccaAkuna-mahaAkuna veramani sikkhapadam samadiyami
Aku berjanji untuk menahan diri dari berbaring di tempat tidur mewah
atau tinggi

Selamat Tahun baru Caka 1933..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar