Selasa, 03 Januari 2012

Tari Joged Pong: Karena hidup adalah pentas kehidupan itu sendiri....




Tahukah anda, bahwa Tari Joged Pong merupakan Tarian Kontemporer Perpaduan antara Joged Bumbung ( Bali ) dgn Jaipong ( Jawa Barat ). Hal ini diperkenalkan oleh Bagus Saka SAKABROS Bali.

http://kevinabali.wordpress.com/2009/07/16/tari-joged/ menjelaskan bahwa Istilah tari joged dalam bahasa Indonesia terdiri dari kata tari dan joged. Tari merupakan ekspresi jiwa manusia yang dituangkan melalui gerak ritmis yang indah, sedangkan kata joged merupakan tari tandak dan ranggeng, berjoged ( menari ) menurut pengertian, joged merupakan tarian yang sangat demonstratif, lincah dan tanpa cerita. Tari joged dikatakan sebagai tarian rakyat yang berfungsi sebagai hiburan atau tari pergaulan ( Drs. Soedarsono ). Pernyataan yang ada dalam buku Diskripsi Tari Bali menyatakan bahwa secara etimologi kata Joged berarti Tari ( tarian wanita ). Joged dipakai untuk menyebutkan sebuah seni pertunjukkan yang memiliki aspek-aspek tari sosial yang tinggi nilainya setelah seorang penari joged menyelesaikan sebuah tarian tunggal yang abstrak bentuknya. Dalam tarian Joged “ ngibing “ merupakan ajakan penari joged kepada penonton untuk menari bersama-sama diatas panggung, dan kadang-kadang bisa terjadi kontak tangan, kadang kala mereka melakukan tarian sejenis tarian bercinta, namun jika mencoba untuk bagian-bagian terlarang penari joged, maka ia akan terkena pukulan kipas dari penari joged.

Malam ini, aku bersama bu IGA Mirah, menghadiri pesta pernikahan salah satu sahabat kami, ibu Ayu Ariasih. Suaminya, Adit, adalah juga sama seperti bu Ayu, mantan mahasiswa STPNDB. Namun suaminya kini berstatus waiter di salah satu kapal pesiar, yang kini cuti selama 6 bulan demi menuntaskan pernikahan mereka. Pesta pernikahan mereka di adakan di Restoran Hongkong Garden.

Dan, aku sungguh beruntung bisa menyaksikan Tari Joged Pong ini, yang disajikan sebagai salah satu tarian hiburan bagi para undangan yang hadir. Hmmm, terima kasih Ida Sang HYang Widhi Wasa...... Karena Tari Joged Pong sekaligus melambangkan dan mendeskripsikan multikulturalisme antar dan inter etnis..... Alangkah indahnya. Hm... from Study of Cultural to Cultural Studies, not only theoretical, honey.... Applied it to all of our aspects in our life....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar