Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengamas Prodi ADH STPNDB, @Rama Candidasa, 6 Oktober 2012


Pengabdian Masyarakat Program Studi Administrasi Perhotelan, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, tahun 2012, diadakan di Rama Candidasa Cottage, dengan topik : Pelatihan Memaksimalkan Hasil Penjualan Kamar Melalui Internet untuk Usaha Jasa Akomodasi Skala Kecil di Kawasan Wisata Candidasa Kabupaten Karangasem.

Pengabdian masyarakat sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi membuktikan pengamalan dan penerapan berbagai kebijakan perguruan tinggi bersangkutan di tengah kehidupan bermasyarakat. Inilah wujud nyata dari peran serta dan keterlibatan yang akan mampu menghasilkan sinergi harmonis berbagai pihak dalam upaya memecahkan persoalan dalam industri pariwisata, dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya pemasaran sebuah produk. Di samping itu pula, Pengabdian Masyarakat ini bertujuan sebagai proses pembelajaran tiada henti dari berbagai komponen masyarakat, pihak lembaga perguruan tinggi, pemerintah, para pengusaha, dan masyarakat lain, untuk terus menerus mengembangkan kualitas sumber daya manusia.





Sebanyak 72 peserta berasal dari beragam hotel. Peserta dari Alam Asmara Dive Resort, Cewi Bungalow, Bali Palms Resort, Bali Shangrila, Puri Bagus Candidasa, Villa Sasoon, D'Tunjung Resort, Rama Shinta Hotel, The Natia, Tirta Ayu, Ashyana Candidasa, Rama Candidasa, Puri Pandan, Genggong, Puri Oka, Candi Beach Cottage, Resort Prima Candidasa, Watergarden, Villa Rossa, Aquaria, The Nirwana Resort & Spa, Kelapa Mas Homestay, Amartha Bungalow, The Rishi Candidasa, Bloo Lagoon, Blue Moon Villas, Liberty Dive Resort, Hidden Paradise Cottages, Coral View, juga beberapa pengurus PHRI cabang Karangasem.



Acara diawali dengan laporan dari Ka. Prodi ADH STPNDB, Ibu Irene Hanna Sihombing, SE., MM., dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua PHRI cab. Karangasem, diwakili Waka. PHRI, dan kata sambutan oleh Ka.STPNDB, diwakili oleh Drs. Dewa. Ketut Sujatha, M.Si., sekaligus membuka Pelatihan.

Meski baru tiba dari luar kota dengan penerbangan yang sempat tertunda berkali, letih dan dalam kondisi sedang sakit, bapak Dewa Ketut Sujatha tetap bersemangat sepanjang kegiatan berlangsung. "Saya ingin memotivasi para peserta Pelatihan dari berbagai hotel yang telah hadir, memberikan apresiasi dan memotivasi para dosen lain untuk selalu terus berkarya, dan menghargai keterlibatan berbagai pihak yang telah memperlancar kegiatan Pengabdian ini" Demikian ujar beliau. Hmmm, sungguh, tipikal seorang pemimpin yang menghargai peranan bawahan dan mampu memotivasi banyak pihak untuk selalu bekerja sama dalam sebuah tim demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.








Selanjutnya disampaikan pembacaan doa oleh Bp. Wirtha. Penyematan tanda peserta pada dua orang wakil peserta yang dilakukan oleh Waka. PHRI cabang Karangasem.



Sesi pertama pelatihan diawali oleh IGM Wirautama, S.Kom., dengan topik "Peranan Internet dalam Bisnis Hotel".

Sesi kedua dipresentasikan oleh Drs. Dewa Ketut Sujatha, M.Si. : Analisis Segmen Pasar Online: Persaingan dan Permintaan Konsumen".

Berikutnya disampaikan topik "Kualitas Produk Hotel & Persepsi pelanggan" oleh Drs. Dewa Ketut Sujatha, M.Si.

Setelah istirahat untuk makan siang, pembahasan topik dilanjutkan dengan "Kunci sukses Internet Marketing, oleh I Gusti Putu Ngurah Budiasa, bersama bapak Made Rucika.

"Implementasi Strategi Pemasaran dan Penjualan", oleh I Gusti Putu Ngurah Budiasa, & Erwin Santika Jaya, S.ST.Par.

 Antusiasme peserta terlihat dari betahnya para peserta mengikuti acara hingga tuntas, mempraktekkan beragam materi yang dibahas, termasuk dengan penggunaan komputer dan laptop, dengan akses wifi, untuk penerapan E-Commerce. ke sepuluh perangkat komputer yang dibawa dari STP Nusa Dua Bali sungguh membantu dalam kelancaran pelatihan ini.

Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 15.30 wita, ditandai dengan pelepasan atribut peserta tes oleh Waka. PHRI cabang Karangasem, penyerahan cindera mata bagi para pembicara, dan dengan ditutupnya acara oleh ibu Ka.Prodi ADH STPNDB,  Irene Hanna Sihombing, SE., MM.

Sudah tentu...... acara ini takkan berjalan lancar tanpa dukungan berbagai pihak, dan juga mereka yang bekerja keras demi lancarnya kegiatan..... 

Ibu dan bapak para staf hingga pimpinan puncak Rama Candidasa Cottage. Ibu dan bapak seluruh peserta Pelatihan yang dengan antusias mengikuti rangkaian kegiatan hingga tuntas. Ibu dan bapak para staf dan dosen STPNDB. Ibu dan bapak para anggota keluarga tercinta dari para dosen dan staf, termasuk yang ikut hadir sepanjang kegiatan berlangsung.  Dengan semangat bekerja sama dalam satu tim, berkomunikasi dengan baik, sudah tentu hasil yang akan dicapai akan semakin baik dan baik lagi......










Ibu dan bapak para staf hingga pimpinan puncak Rama Candidasa Cottage.


























Ibu dan bapak para staf dan dosen STPNDB.





Ibu dan bapak para anggota keluarga tercinta dari para dosen dan staf, termasuk yang ikut hadir sepanjang kegiatan berlangsung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar