Selasa, 11 Mei 2010

Selamat Hari Galungan dan Kuningan.

Pak Made Mariana, orang Bali yang sedang mengais rejeki kehidupan di Abu Dhabi, mengatakan bahwa Hari Raya Galungan menggambarkan usaha perjuangan dalam meraih kebenaran. Kebenaran selalu menghadirkan kekuatan, tidak heran bila orang mengatakan, jangan takut melangkah bila kamu berada di jalan yang benar, atau sering juga kita dengar orang mengatakan “Berani karena benar”. Kebenaran menghadirkan kekuatan yang membuat kita mampu melakukan sesuatu yang selama ini tidak pernah kita bayangkan. Oleh karena itu, kebenaran itu memang patut dimenangkan.

Ini mengingatkan saya pada diri sendiri, pada orang lain, pada banyak bagian kehidupan selama ini, baik di masa lalu, kini, dan yang akan datang....

Terkadang, terpuruk dan berjaya, baik dan buruk, benar dan salah, kaya dan miskin, gelar dan jabatan, hanyalah setipis kertas dimata kita dan persepsi orang lainnya, juga dalam mata norma agama, politik, sosial, pendidikan, pekerjaan, dan banyak lagi yang lainnya.

Namun kebenaran hakiki tidak dapat dipungkiri. Kita bisa saja menyangkal dan bersifat munafik, mengabaikan hati nurani. Tapi hidup dalam kepura-puraan tidaklah kekal. Hanya kebenaran yang dapat menjadikan kita tumbuh kuat, tetap tegar dalam hadapi tiap cobaan dan tantangan, tiap detik masalah yang mengusik.

Mungkin saja, kita bisa menipu istri atau suami, mengajukan sejuta alasan kebohongan pada rekan kerja dan tetangga, sahabat dan anggota keluarga. Namun kita tidak pernah dapat memungkiri hati nurani kita sendiri, jiwa kita, cinta sejati yang berkembang, dan semangat yang ada dalam diri kita.

Kebenaran menjadikan saya tumbuh semakin kuat, walau masih amat sangat jauh sekali dari sempurna, menegakkan kepala menatap berbagai peristiwa dan orang lain yang saya temui dari hari ke hari. Mungkin saya memiliki sangat banyak kekurangan dan kesalahan, tapi kebenaran untuk tidak malu mengakui ini, mau belajar, berusaha walau belum juga maksimal, dapat membuat saya semakin shanti (apalagi memang sudah santi, namanya.....)

Gak janji, saya gak bakal melakukan kesalahan dan memiliki kekurangan lagi. Namun berusaha menjadi lebih baik, semakin benar, dari hari ke hari..... atas nama Sang Hyang Dharma, dalam jalan Beliau yang saya pahami dan saya aplikasikan se mampu saya....

Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar