Rabu, 08 Februari 2012

Diskusi yang kabur. Minta dijelaskan tapi malah kabur mendengkur




Sahabat ini menyapaku di ruang box chatting, bertanya banyak hal, namun akhirnya malah jatuh tertidur. Hmmmm, cape deh. Ngakunya bakal bangun pagi hari pukul 5, buat nonton bola, lagi. Hleweleh-wheleh.....

Sebagian dari isi penjelasanku padanya:

SOP, ato standar operasional prosedur, bakal menjelaskan secara terperinci tugas2 kita
deskripsi pekerjaan, seperti, harus menyapa klien, mengecek surat2, mengecek situasi gudang, gak boleh ke ruang akunting...

spesifikasi pekerjaan itu berkaitan dengan standar... misalnya, untuk jadi supervisor, harus tamatan sarjana, untuk jadi kasir dia harus sudah kerja di perusahaan minimal 2 tahun, jadi tahu seluk beluk kantor...

hla, kelemahan anda di perusahaan tersebut adalah.... menawari kerja, menduduki jabatan, tanpa tahu persis seberapa jauh batasan wewenang / hak dan tanggungjawab / hal yang harus anda lakukan....

Misalnya....
untuk jadi kepala cabang, gak cukup hanya dg 2 minggu pengalaman kerja... banyak bocoran untuk jdi peluang menjatuhkan pimpinan, contohnya, ketidak cermatan mengecek laporan anak buah
Jika ditawari sebuah jabatan lagi nanti.... jangan pernah meninjau dari sisi subjektivitas ato orangnya, misalnya, gak bisa kerjasama dg si A, si B, si C.... sbagai seorang pekerja tangguh, anda harus selalu siap dan mampu bekerja sama dg siapa pun.... preman sekalipun. Buktikan ketangguhan anda

Ini... bukan sebuah medan pertempuran dalam peperangan... org lain bukan musuh, tapi harus dirangkul....

Menganggap sseorang sbg musuh, ato gak siap bekerja sama dg nya, berarti membuat diri anda sendiri sebagai pimpinan yg tidak bisa merangkul smua orang.


Sayaa mengajarkan Sumber Daya Manusia....

Jabatan ato gelar kita.... hanya akan efektif / berhasil, bila kita di dukung oleh banyak aspek
1.kemampuan kita untuk bekerja, dan.... anda mampu untuk segala bidang pekerjaan
2.kemauan / minat untuk bekerja, anda mau, punya minat tinggi buat bekerja, tapi kadang angin2 an, maaf, ngambek an. Gak boleh itu....
3. orang2 di skeliling kita, yg mau membantu dan siap bekerjasama
4. peralatan kerja yang bisa mendukung keberhasilan, misalnya, ruang yg terang, bersih, gak sumuk, mesin hitung, telepon, komputer, handy talky, internet, interkom, CCTV......
5.suasana kerja, kekeluargaan, gak saling curiga, gak saling menyakiti, gak terjadi pelecehan, apalagi pelecehan seksual....
6. perangkat hukum, misalnya, peraturan pemerintah tentang standar gaji, peraturan pemerintah tentang per pajakan, tentang jam kerja, tentang sumbangan ke banjar, dan lain lain
7. berbagai pihak lain yg terkait dengan situasi kantor anda, misalnya pinggir jalan raya yg rawan macet, kelurahan yg sering mati aliran listriknya, banyak preman berkeliaran di sekitar tempat usaha...

HMMMMM, SAYA CURIGA, NO COMMENT LAMA BHIANGGEEETTT. ANDA JATUH TERTIDUR NEEEEEE
TUH..... BENER KHAN !!!

1 komentar: