Minggu, 23 Maret 2014

PKL 2014 STPNDB Prodi ADH smt 6, 20-22 Maret 2014 (1)



Praktek Kerja Nyata (PKN) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja.  Pelaksanaan PKL bertujuan agar mahasiswa bisa mencapai tingkat keahlian tertentu, tidak hanya dengan sesama rekan mahasiswa, namun juga berhubungan dengan pihak lain di luar lingkungan kampusnya. 

Praktek kerja lapangan dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat berubah. Praktek Kerja Lapangan (PKL) akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi dilapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun kenyataan yang sebenarnya.



Sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan semenjak tahun lalu, Praktek Kerja Lapangan  2014 Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali Program Studi Administrasi Hospitaliti, melibatkan para mahasiswa Prodi ADH semester 6, dan akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan tanggal 22 Maret 2014.

Adapun tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) antara lain :

1.Memperkenalkan mahasiswa pada dunia usaha dan masyarakat luas dimana pun berada, yang bahkan mungkin belum mereka kenal sama sekali ruang lingkupnya

2.Menumbuhkan & meningkatkan sikap profesional, seperti disiplin diri, kepemimpinan, tanggungjawab, yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki dunia usaha

3.Meningkatkan daya kreasi, produktifitas, daya saing, dan ketangguhan mahasiswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya,

4.Mengembangkan wawasan dan pandangan mahaiswa terhadap jenis-jenis pekerjaan, beragam situasi dan kondisi masyarakat pada tempat dimana mahasiswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

5.Menentukan solusi mahasiswa terhadap permasalahan yang ditemui terkait dengan temuan lapangan berdasar PKL yang telah dilaksanakan, dan menentukan langkah dalam mengambil keputusan yang tepat. Contohnya, menentukan metode pemasaran dan penjualan desa wisata, menganalisis situasi dan kondisi higienis serta sanitasi lokasi yang bersangkutan, memberikan saran peningkatan kualitas produk jasa dan makanan yang ditawarkan bagi para pengunjung, dan masih banyak lagi yang lain.

6.Meningkatkan hubungan kerjasama antara perguruan tinggi dengan instansi . Praktek Kerja Lapangan dapat menjadi media promosi lembaga terhadap institusi kerja. Kualitas lembaga perguruan tinggi dapat terukur dari kualitas para mahasiswa yang melaksanakan praktek kerja lapangan tersebut. Selain itu praktek kerja lapangan juga dapat membantu institusi kerja untuk mendapatkan tenaga kerja akademis yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang dimilikinya.

7.Lembaga dapat menjalin kerjasama dengan dunia usaha, Lembaga BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan Instansi Pemerintahan. Praktek Kerja Lapangan dapat mempromosikan keberadaan Akademik di tengah-tengah dunia kerja.

8.Bagi Desa dan Tempat dimana PKL dilaksanakan, sudah tentu juga memiliki manfaat, dimana Iinstitusi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademi dari praktek kerja lapangan tersebut. Dunia kerja atau institusi kerja tersebut akan memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya. Kemudian laporan praktek kerja lapangan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber informasi mengenai situasi umum institusi tempat praktek tersebut.



Sudah tentu, setelah PKL dilaksanakan, para mahasiswa diwajibkan menyusun laporan sebagai pertanggungjawaban hasil pelaksanaan PKL. Adapun poin-poin situasi dan kondisi yang harus dianalisis berkait dengan PKL 2014 STPNDB Prodi ADH smt 6, yang berlangsung dari tanggal 20 - 22 maret 2014, antara lain mencakup;

1.Latar belakang permasalahan mengapa laporan PKL wajib dilaksanakan bagi para mahasiswa sebagai peserta PKL.
2.Situasi masyarakat dan kondisi daerah yang ada pada daerah pelaksanaan PKL, seperti kondisi geografis, sejarah desa yang bersangkutan, tingkat pendidikan dan pekerjaan, usia, juga jenis kelamin, serta beragam hal yang terkait.
3.Desa wisata dan tipe pondok wisata yang ada, manajemen pengelolaan, keterlibatan masyarakat pada pengelolaan desa wisata tersebut, produk yang dihasilkan, dan rencana pengembangan pemerintah bersama masyarakatnya..
3.Beragam tantangan dan kesulitan yang mereka miliki terkait keberadaan desa wisata, beragam peluang dan strategi yang mereka miliki ke depannya bagi keberadaan desa wisata tersebut.



Sedangkan tujuan dan manfaat penulisan Laporan Praktek Kerja Nyata seperti terurai di bawah ini. Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) adalah hasil penulisan Siswa setalah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) berdasarkan data yang di peroleh dan dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah



Adapun tujuan pembuatan laporan ilmiah antara lain:
1.Mendorong mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan atau mengemukakan pikiran dan pendapatnya.
2.Mahasiswa mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis, logis, dan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.Meningkatkan kreativitas Siswa dalam penulisan yang bersikap objektif dan ilmiah.
4.Sebagai pertanggungjawaban siswa yangb telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan yang berkaitan dengan program keahliannya masing- masing.
5.Sebagai salah satu bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan Praktek Kerja Lapangan dengan baik.



Kesimpulannya, Praktek Kerja Lapangan memiliki dampak positif dari berbagai pihak yang terlibat di dalamnya, baik lembaga pendidikan, dalam hal ini, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, para dosen, pegawai dan mahasiswanya, Desa Wisata dan komponen masyarakat dimana PKL berlangsung, dan juga pihak lain yang terlibat. Semoga bisa menjadi semakin baik dalam berbagai bidang yang berkembang selanjutnya, mampu berkembang secara berkelanjutan, dari hari ke hari, dari tahun ke tahun.

Referensi:
http://pkllove.blogspot.com/p/pengertian-praktek-kerja-lapangan-pkl.html

https://www.facebook.com/PoliteknikNegeriLampung/posts/417761574985928?stream_ref=10

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/16180/4/Chapter%20I.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar