Minggu, 23 Maret 2014

PKL 2014 STPNDB Prodi ADH smt 6, 20 - 22 Maret 2014 (2)

Dari rencana semula, rombongan berangkat hari Kamis, 20/3/2014, pukul 00.00, berarti Rabu, 19/3/2014, tepat pukul 24.00, kemudian bergeser menjadi hari Rabu, pukul 11.00 malam. Diputuskan keberangkatan dari lokasi kampus kami, di jalan raya Dharmawangsa, Kampial. Rombongan kami terdiri dari tiga bis, yang dibagi menjadi Bis A, bagi mahasiswa STPNDB Prodi ADH kelas A smt 6, sebanyak 29 orang, dan dosen pendamping, Bapak Drs. Dewa Ketut Sujatha, M.Si., Ibu Dra. Ni Luh Ketut Sri Sulistyawati, M.Par., Drs. I Nyoman Wirtha. Bis B, bagi mahasiswa STPNDB Prodi ADH kelas B smt 6, sebanyak 30 orang, dan dosen pendamping, Ibu Ni Luh Gde Sri Sadjuni, SE., M.Par.CHT, dan Ibu Ni Nyoman Sukerti, SE., M.Si. dan Bis C, bagi mahasiswa STPNDB Prodi ADH kelas C  smt 6, sebanyak 29 orang, dengan dosen pendamping, Bapak Drs. I Wayan Jata, M.Phil.Ag., Ibu Dra. Ni Desak Made Santi Diwyarthi, M.Si, Ibu Dra. I Gusti Ayu Mirah Darmayanty, M.Si., dan staf prodi ADH, bapak Nyoman Sukarma.

Aku mungkin bisa saja berangkat dari dekat terminal Ubung. Namun rasa empati bagi para mahasiswa dan rekan kerja lain, membuatku memilih berangkat dari kampus STPNDB di Nusa Dua. Maka, kuajak anak dan anak tetangga bergabung, naik taksi dari rumah menuju ke Nusa Dua. Masih dapat kusaksikan para mahasiswa Program Studi Manajemen Perhelatan yang bersiap bagi pelaksanaan Job Fair STPNDB, 24-25 Maret 2014. Aku juga berjumpa dengan bapak I Gede Wiartha Mas, S.IPI., M.Par., yang tidak jadi turut serta dalam keberangkatan PKL Prodi ADH, karena bertugas menghandle acara Book Fair STPNDB. Juga dapat berjumpa dengan para orangtua yang menghantar anaknya berangkat, para saudara dan kekasih yang melepas kepergian para mahasiswa dan mahasiswi peserta PKL kali ini. "Bu, titip anak saya, ya, kondisinya sedang drop, tapi bersikeras ikut dengan para sahabatnya". "Bu, titip adik saya ya, kalau dia nakal, dijewer saja" Ujar Wulan, alumni STPNDB, yang merupakan kakaknya Gus Oky.

Akhirnya, rombongan PKL 2014 bagi Prodi ADH angkatan 2011, kelas A, B dan C semester 6, berangkat pada pukul 11.00 malam hari Rabu, 19 Maret 2014. Ketiga bis bergerak beriringan untuk menjemput para dosen pendamping di terminal Ubung. Perjalanan lancar sepanjang jalan raya menuju Pelabuhan Gilimanuk dengan jalan basah sehabis hujan. Pukul 3 pagi tiba di pelabuhan, kami bisa langsung naik ferry melintasi selat Bali. Seluruh penumpang bis, para mahasiswa dan mahasiswi, para dosen pendamping, turun di pelabuhan, berjalan beriringan menuju Ferry yang akan menghantar kami ke pulau Jawa. 45 menit kemudian, kami tiba di pelabuhan Ketapang. Menyusuri jalur Pantura di Jawa Timur, pukul 8 pagi kami tiba di tempat peristirahatan Bromo Asri. Setelah menikmati sarapan pagi bersama, juga mandi dan beristirahat sejenak, kami bersiap bergerak kembali. Tepat pukul 9.30, kami berpisah.

Bis A dengan penumpang Prodi ADH angkatan 2011, kelas A semester 6, berangkat menuju Desa Wisata yang berlokasi di Desa Ngadisari, di Dataran Tinggi Tengger, Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Propinsi Jawa Timur.

Bis B dengan penumpang Prodi ADH angkatan 2011, kelas B semester 6, berangkat menuju Desa Wisata yang berlokasi di Desa Tanggul Rejo, dengan koordinat 7°5'13"S   112°32'13"E,  Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur.

Bis C dengan penumpang Prodi ADH angkatan 2011, kelas C semester 6, berangkat menuju Desa Wisata yang berlokasi di Desa Wonokitri, Kecamatan Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Propinsi Jawa Timur.

Kami akan bersatu kembali di kota Malang pada sore hari dengan aktivitas sama kembali pula......