Kamis, 28 Februari 2019

APM ADH STP Nusa Dua Bali 2019 (2)




APM ADH STP Nusa Dua Bali 2019 (2)


“Resopa temmangingngi, malomo naletei pammase dewata”. Hanya dengan semangat, ketekunan dan bekerja keras,  maka restu Tuhan akan menyertai di setiap usaha yang kita lakukan bersama. 

Aplikasi Manajemen Program Diploma IV, Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 angkatan tahun 2015, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali tahun 2019 kali ini berlangsung pada empat lokasi, yakni Singaraja, Karangasem, Klungkung danJembrana. Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 kelas A mendapat lokasi di Klungkung. Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 kelas B mendapat lokasi di Karangasem. Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 kelas C mendapat lokasi di Negara. Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 kelas D mendapat lokasi di Singaraja.


Mereka menentukan struktur organisasi masing – masing, kemudian berdiskusi dengan para dosen pembimbing untuk program Aplikasi Manajemen tersebut, membuat sistematika kerja, menyusun Standar Operasional Prosedur kerja, rencana anggaran biaya, sebelum kemudian terjun ke lapangan. 

Topik Aplikasi Manajemen kali ini masih Pondok Wisata, dengan alasan bahwa mereka selaku mahasiswa di tahun terakhir pendidikan, wajib mengimplementasikan seluruh pengetahuan dan juga ketrampilan yang telah diperoleh selama ini, baik pada bidang Food Production, Food and Beverages Service, Housekeeping, dan juga Front Office, Human Reources Management serta Sales and Marketing. 

Tidak ada hasil instan dalam meraih performa maksimal. Kebersamaan perlu terjalin, baik dalam segala suka dan duka, sepanjang langkah mewujudkan apa yang mereka rencanakan sedari awal. Bersama para dosen pembimbing dan pendamping, mereka menemui Kadisparda di masing – masing kabupaten, membahas berbagai lokasi yang memungkinkan untuk penggalian data dan pelaksanaan Program Aplikasi Manajemen. Mereka juga menggali berbagai data terkait lokasi dan masyarakat di mana homestay berada.

Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 kelas A dengan General Manager APM : Ni Kadek Pradnyani Paramita, sekretaris Putu Fitri Parmitha Devi. Mereka memilih lokasi di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Pelaksanaan APM mereka memiliki topik Dalam Pelatihan Pemberdayaan SDM dengan Menyeimbangkan Kekayaan Budaya dan Perkembangan Teknologi pada Homestay di Kecamatan Dawan Klungkung. Pelatihan berlangsung selama dua hari, mulai dari Februari 2019. Seminar hasil diselenggarakan pada hari Rabu, 27 Februari 2019. Bertindak selaku moderator adalah Dr. Irene Hanna HS., Seminar berlangsung pada lokasi di Graha Purwaka Pangi, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. 

Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 kelas B dengan General Manager APM : Kadek Astri Utarini Darmawan, Sekretaris Kadek Indria Pradnyani Esti. Mereka memilih lokasi di Desa Sibetan, Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem. Pelaksanaan APM dengan memilih topik Pelatihan SDM melalui Pembuatan dan Penerapan Standar Operasional Homestay. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 17-18  Februari 2019. Seminar hasil diselenggarakan pada hari Selasa, 26 Februari 2019, dengan Narasumber Ir. Pande Wayan Gunadi Eka Putera, Komite Sertifikasi dan Pelatihan Ubud HomeStay Association, juga ibu ni Made Puriati, Direktur Yayasan Wisnu dan Jaringan Ekowisata Desa. Turut memberikan kata sambutan, Drs. I wayan Astika, M.Si. Bertindak selaku moderator adalah Ir. I Nyoman Sukana Sabudi, MP., Seminar berlangsung di Dapoer Lebih, Kabupaten Gianyar, pada hari Selasa, 26 Februari 2019. 

Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 kelas C dengan General Manager APM  Made Denny Kharisma, serta sekretaris Komang Herdini Windya Lakshita. Mereka memilih lokasi di Desa Belimbingsari di Kecamatan Kabupaten Jembrana. Pelaksanaan APM mereka memiliki topik Pelatihan Pengelolaan Homestay di Desa Wisata Belimbingsari,  kecamatan Melaya, kabupaten Jembrana. Pelatihan berlangsung selama dua hari, tanggal 15 – 16 Maret 2019. Seminar hasil menurut rencana akan diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 21 Maret 2019,  bertempat di Gedung MICE STP Nusa Dua Bali.

Program Studi Administrasi Perhotelan semester 8 kelas D dengan General Manager APM : I Gede Yogi Pentagama dan sekretaris Dina Natalia Suryanto. Mereka memilih lokasi di Desa Sudaji, kecamatan Sawan, kabupaten Singaraja. Pelaksanaan APM dengan topik Penyusunan Materi Kegiatan Edutourism dan Meningkatkan Kesiapan Pengelolaan Homestay di Kecamatan Sawan dalam Menunjang Kesiapan Desa Sudaji sebagai Kawasan Edutourism. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari Jum’at dan Sabtu, 1 – 2 Maret 2019, bertempat di Singaraja. Seminar hasil menurut rencana akan diselenggarakan pada tanggal 8 Maret 2019, di Singaraja. Salah satu narasumber adalah mantan Menteri Pariwisata, I Gede Ardika. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar