Selasa, 15 Januari 2019

Kuliah Perdana dan Audit Internal Hari ini




Mulai dari hari Senin sampai Jum’at, 14 hingga 18 Januari 2019, berlangsung kegiatan Kuliah Perdana bagi seluruh mahasiswa di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali yang berada di kampus, pada semester genap, Tahun Akademik 2018 – 2019.

Tidak hanya itu, pada minggu ini juga berlangsung Audit Internal di lembaga Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, demi peningkatan kualitas lembaga ini dari hari ke hari.
 
Rangkaian kegiatan Kuliah Perdana telah disusun sebelum perkuliahan secara efektif dimulai minggu depan, Senin, 21 Januari 2019. Berawal dari Penjelasan Program kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan oleh Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, di wakili oleh Ketua Bagian Administrasi Umum, Drs. I Wayan Muliana, M.Pd, di Aula Joob Ave kampus ini pada hari Senin, 14 Januari 2019.


Kuliah Perdana diikuti oleh hampir 2000 mahasiswi dan mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Terdapat  tiga Program, S1, DIV dan DIII,  dengan 10 Program Studi, yakni 298 mahasiswa Administrasi Perhotelan dari tiga angkatan dan dua belas kelas, 188 mahasiswa Manajemen Kepariwisataan dari empat angkatan dan tujuh kelas, 163 mahasiswa Destinasi Pariwisata dari empat angkatan dan enam kelas, 149 mahasiswa Manajemen Konvensi dan Perhelatan dari empat angkatan dan enam kelas,  138 mahasiswa Manajemen Bisnis Perjalanan dari empat angkatan dan lima kelas, 209 mahasiswa Bisnis Hospitaliti dari empat angkatan dan delapan kelas, 192 mahasiswa Manajemen Divisi Kamar dari tiga angkatan dan sembilan kelas, 270 mahasiswa Manajemen Tata Hidangan dari tiga angkatan dan delapan kelas, 293 mahasiswa Manajemen Tata Boga dari tiga angkatan dan dua belas kelas.


Hari Selasa, 15 Januari 2019, Kuliah Perdana Program Studi Administrasi Perhotelan bagi mahasiswa semester enam kelas A, B, C dan D berlangsung di Aula Joop Ave dari pukul 08.00 – 10.00, membahas tentang rencana kegiatan Praktek Kerja Lapangan, baik di dalam lingkungan kampus maupun di luar kampus. Sedang kuliah Perdana Program Studi Administrasi Perhotelan bagi mahasiswa semester dua kelas A, B, C dan D berlangsung di Aula Joop Ave dari pukul 10.00 – 12.00, membahas tentang rencana kegiatan perkuliahan dan Praktek Kerja Lapangan di dalam kampus.

Dengan dikawal oleh para staf Administrasi dan Akademik, didampingi oleh para pejabat lembaga ini, dosen dan staf Program Studi, para mahasiswa mengikuti rangkaian program kegiatan Kuliah Perdana. 


Mengapa Kuliah Perdana dibutuhkan ? Ya, karena Kuliah Perdana ini menjadi ajang penyampaian informasi, diskusi, penyegaran kembali, persiapan diri sebelum berbagai komponen dari lembaga pendidikan Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali melaksanakan kegiatan belajar mengajar sepanjang semester, sehingga target visi dan misi tercapai

Di awal semester ini adalah langkah awal perjuangan para mahasiswa dan dosen beserta seluruh staf dalam menegakkan kerjasama positif. Pihak manajemen dan para dosen menyampaikan informasi terkait peraturan lembaga, kegiatan yang terjadi di kampus, rencana perkuliahan sepanjang semester, berdiskusi dengan para mahasiswa, mengingatkan kembali tentang tujuan keberadaan mereka disini, tugas dan tanggungjawab pada orangtua dan keluarga bahkan para sahabat dan lingkungan di kampus dan di luar kampus.  

Hna. Bagi para mahasiswa, apa yang perlu diketahui dan dipersiapkan di awal semester ?
Yang pertama adalah, kenali dirimu dan lingkungan. Contohnya, saya sekarang berada pada semester dua atau semester akhir, di program studi mana, dimana ruang kelasnya, siapa saja dosennya, apa nama mata kuliahnya, apa saja yang harus saya persiapkan, kondisi fisik dan mental dalam menghadapi situasi tersebut, baik tatkala praktek maupun teori berlangsung, topik skripsi yang ingin saya angkat, bahkan hingga jarak tempuh dari rumah ke kampus.

Yang kedua adalah persiapan mengikuti perkuliahan. Contohnya, karena perkuliahan berlangsung mulai siang hari, bekal fisik dan mental yang dibutuhkan, tugas yang bakal menyita perhatian, sanksi bila meninggalkan perkuliahan dan target kehadiran tidak terpenuhi untuk mengikuti ujian, bila tidak memiliki laptop, bila harus bekerjasama dengan kelompok lain, bahkan, dengan masyarakat di luar kampus, persahabatan yang terjalin dengan sesama anggota kelas, bahkan antar kelas lain yang dibutuhkan dalam kelancaran perkuliahan.

Yang ketiga adalah bergabung dengan organisasi kemahasiswaan di kampus.  Kuliah tidak berarti hanya fokus pada kegiatan perkuliahan, namun pula belajar bersosialisasi dengan lingkungan, momen untuk menggali sebanyak mungkin potensi diri, belajar berorganisasi, bersosialisasi, ikut kegiatan senat mahasiswa, mewakili lembaga dalam berbagai kegiatan bahkan hingga keluar kampus, tidak hanya kegiatan belajar mengajar belaka.

Yang keempat memetakan orang-orang di lingkungan sekitar kita dan memperluas jejaring pergaulan. Menjalin hubungan dengan teman-teman sekelas, satu prodi, lintas prodi, masyarakat di sekitar kampus. Jangan sampai, bahkan, sudah jelang semester akhir, mahasiswa tidak pernah masuk ke ruang program studi sendiri. Memperluas pergaulan dengan berbagai tipe orang di sekitar kita, bahkan tanpa batasan, di berbagai penjuru negeri, membuka cakrawala pengetahuan dan pergaulan. Kita bisa belajar banyak dari pengalaman mereka, bisa saling bertukar informasi penting yang dibutuhkan, terkait perkuliahan, juga membuka kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi pribadi dengan multi talenta. Misalnya, bermain musik, menikmati ragam budaya nusantara, aktif berusaha menjadi wirausaha muda, mendalami bidang ketrampilan yang sama sekali belum kita kenal. Jangan sia-siakan hidup hanya dengan bergaul di dalam kalangan terbatas. Bagaikan katak dalam tempurung yang tidak mengenali luasnya dunia.

Yang kelima mulailah mencari mentor, pembimbing tepat dalam berbagai bidang. Hidup tidak hanya harus berguru pada satu guru. Ada banyak dosen yang bisa kamu serap ilmunya. Bahkan, bukan dari dosen sekalipun, sejauh bisa kita dapatkan pengetahuan, bimbingan, dan potensi ketrampilan positif, perbanyak selalu kesempatan belajar menimba ilmu. Ini akan bermanfaat kelak dalam menuntaskan Proyek Akhir, Tugas Akhir, Skripsi, dengan wawasan luas, namun tetap bisa fokus pada topik yang kita pilih.

Yang keenam mulailah membuat rencana jangka panjang. Kita masih muda. Jangan pernah terhenti langkah hanya sampai disini. Kembangkan diri menjadi apapun yang kalian inginkan, namun dengan tetap penuh pertimbangan dan bertanggungjawab terhadap pilihan tersebut. Mungkin target cita-cita tidak bisa tercapai secara instan, namun dengan menetapkan dari awal, kita akan tahu dan paham keinginan kita, dan menyusun rencana langkah kerja yang akan dilakukan.

Yang ketujuh gunakan media sosial dengan bijak untuk menambah informasi, memperluas wawasan, bertukar data positif secara bertanggungjawab. Jangan menyiksa diri dan membuang waktu untuk melakukan hal negatif melalui media sosial seperti menjelekkan pribadi orang lain, menyebar berita bohong, bahkan, menjelekkan diri sendiri dan menggunakan untuk hal-hal yang tidak baik, apalagi yang melanggar hukum.

Jadi, siap mengawali juga mengisi aktivitas semester dengan semangat dan kreativitas tinggi ? Mari bersama kita lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar