Sabtu, 09 Februari 2013

Putraku.... My Lovely Handsome Amazing Bodyguards. Dari Ogoh-ogoh dan Sushi di malam minggu.


Tidak bepergian kemanapun seharian, hanya berdiam diri, mengurus keluarga, merapikan se isi rumah, menanti anak dan suami pulang kerja. Ternyata, meski demikian, tetap menyita konsentrasi pula.....

Pukul 3 sore mendapat kunjungan seorang wanita cantik dari Jakarta, sahabatku, Ibu Lia. Dia tiba seorang diri, dan.... kami berdiskusi tentang banyak hal. Tentang harapannya, impiannya, keresahan dan kegalauannya, dan keinginannya akan masa depan gemilang bersama keluarga. Hmmm, setiap orang memiliki masalah dan peluang masing-masing, ibu Lia..... Jangan pernah mudah menyerah kalah.

Berikutnya, iparku tiba sekeluarga. Mereka habis bepergian bersama ke Serangan. Anakku yang bungsu, Yudha, sedang sibuk dengan teman-temannya, membuat ogoh-ogoh yang bakal mereka arak menjelang hari raya Nyepi kelak. Tak lama kemudian, iparku sekeluarga pamit untuk kembali ke rumahnya, dan Yudha minta ikut untuk menginap di rumah ipar di jalan Antasura. Well, toh besok adalah hari Minggu. Maka kuijinkan.






Malam hari, sudah pukul 9 malam tatkala Adi, putra sulungku tiba sehabis mengikuti les sekolah. Dia kini kelas 3 SMA. Tahapan pemantapan menghadapi ujian nasional sungguh membuat para murid di kelas akhir menjadi sedikit tegang. Ah.... semoga mereka sukses semua.

Lelahkah Adi setelah seharian disibukkan aktivitas sekolah dan les nya? Hmmm, belum !! Dia minta ijin untuk keluar lagi, mencari kulit nori bagi lembaran sushi yang akan dibikinnya. "Hanya ke C K sebentar, kok ma", katanya sambil berlalu. Sungguh...... remaja membutuhkan penyaluran tenaga berlebih mereka secara positif.

Tak lama kemudian dia tiba kembali. Setelah mencuci bersih tangannya, dia mengeluarkan lembaran kulit nori tersebut. Pada selembar plastik dia meletakkan selembar kulit nori yang kemudian dibasahi dengan sedikit air. Ditaburinya nasi, lalu meletakkan potongan daging, potongan timun, lalu digulungnya. Berikutnya, kembali diulangi proses tersebut, hingga seluruh kulit nori sudah terpakai untuk menggulung nasi dan potongan daging. Kusiapkan es teh baginya, dan.... kami menikmati malam minggu sambil makan sushi.








Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司 ?) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak, rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka, garam dan gula id.wikipedia.org/wiki/Sushi




Kitchen dictionary menjelaskan bahwa :
A Japanese specialty based on boiled rice flavored with a sweetened rice vinegar, a mixture called sushi meshi. There are many varieties of sushi including nigiri sushi (thin slices of raw fish seasoned with wasabi and wrapped around or layered with rice); hosomaki (thin sushi rolls); and futomaki (thick sushi rolls).



Read more at: http://www.food.com/library/sushi-554?oc=linkback




Tidak ada komentar:

Posting Komentar