Rabu, 21 November 2018

Wisuda XXIV STP Nusa Dua Bali, Senin 12 November 2018, BICC, ITDC, Nusa Dua




Wisuda XXIV Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali dilaksanakan pada hari Senin, November 2018. Kali ini Wisuda dilaksanakan di Bali International Convention Centre yang terletak di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation, Nusa Dua. Wisuda diikuti oleh 606 wisudawan dan wisudawati. Wisuda di lakukan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.



Sebelum Wisuda, telah dilangsungkan Yudisium. Yudisium Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali  berlangsung pada Hari Jum’at, 19 Oktober 2018. Dan terbagi menjadi tiga lokasi, di Gedung Genitri B, bagi mahasiswi dan mahasiswa Program Studi Manajemen Kepariwisataan dan Program Studi Destinasi Pariwisata, Gedung Widyatula atau MICE bagi mahasiswi dan mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan dan Program Studi Manajemen Konvensi dan Perhelatan, dan Gedung Joop Ave atau Aula bagi mahasiswi dan mahasiswa Program Studi Bisnis Hospitaliti, Program Studi Administrasi Perhotelan, Program Studi Manajemen Divisi Kamar, Program Studi Manajemen Tata Boga, Program Studi Manajemen Tata Hidangan, Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti.


Tahun ini terdaftar 606 Wisudawati dan Wisudawan yang berasal dari berbagai Program Studi di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Program Studi Manajemen Kepariwisataan memiliki 27 mahasiswa. Program Studi Destinasi Pariwisata dengan 29 mahasiswa. Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan dengan 24 mahasiswa. Program Studi Manajemen Konvensi dan Perhelatan dengan 26 mahasiswa.  Program Studi Bisnis Hospitaliti dengan 66 mahasiswa. Program Studi Administrasi Perhotelan dengan 110 mahasiswa. Program Studi Manajemen Divisi Kamar dengan 87 mahasiswa. Program Studi Manajemen Tata Boga dengan 94 mahasiswa. Program Studi Manajemen Tata Hidangan dengan 108 mahasiswa. Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti dengan 28 mahasiswa.
 


Berdasar Surat Keputusan Nomer : 29/KP.006/STP/X/2018, yang dikeluarkan per tanggal 18 Oktober 2018, telah pula ditetapkan Yudisiawati dan Yudisiawan terbaik pada masing masing Program Studi. Memang, Yudisia terbaik ditetapkan berdasar Indeks Prestasi tertinggi yang diraih dan lama waktu tempuh untuk menamatkan pendidikan hingga sampai pada Wisuda kali ini. Namun, prestasi juga ditentukan oleh banyak faktor lain. Semoga kelak di dalam perjalanan hidup mereka, para Wisudawati dan Wisudawan ini bisa semakin bijak dan dewasa dalam bertutur kata, berpenampilan dan bersikap.


Wisudawati terbaik dari Program Studi Manajemen Kepariwisataan, Ni Kadek Swandewi. dan Program Studi Destinasi Pariwisata, Baiq Iin Widya Wanting Putri. Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan, I Putu Bina Arta Wibawa, Komang Ary Wibayani, dan Kadek Novie Krisna Yanti. Program Studi Manajemen Konvensi dan Perhelatan, Nataline Putri. Program Studi Bisnis Hospitaliti, I Wayan Kouki. Program Studi Administrasi Perhotelan, Ni Putu Pebri Puspita Dewi. Program Studi Manajemen Divisi Kamar, Eka Novianti. Program Studi Manajemen Tata Boga, Vionisia Elsa Esterplay dan Ni Ketut Widya Rahayu. Program Studi Manajemen Tata Hidangan, Ni Kadek Lisna Candra Dewi dan Ni Kadek Trisnawati. Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti, I Made Astika Jaya.


Program Studi Manajemen Kepariwisataan meraih gelar Yudisium dengan mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Tertinggi, yakni 3,81, oleh Ni Kadek Swandewi.

Berikutnya, mahasiswa yang telah di Wisuda ini, berhak menyandang gelar Sarjana Pariwisata (S.Par.) bagi mahasiswa Strata 1. Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par), bagi mahasiswa Diploma 4, dan Ahli madya Pariwisata (A.Md.Par) bagi mahasiswa Diploma 3.


Dari total 606 mahasiswa yang diwisuda, 176 orang sudah bekerja, 48 melakukan wirausaha, 3 orang bekerja di luar negeri, dan 4 orang merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara). Dan dari 606 wisudawan ini semua telah disertifikasi secara nasional oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua sedang melakukan uji coba untuk kelas internasional yang disertifikasi oleh Pearson BTEC NHD bagi 20 orang mahasiswa Program Studi D4 Administrasi Perhotelan. Ketua STP Nusa Dua Bali menjelaskan bahwa sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, STP Nusa Dua selalu konsisten melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas. Disamping itu juga konsisten dalam mewujudkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Peningkatan dan pencapaian prestasi dalam bidang pendidikan dan penelitian, juga pengabdian masyarakat selalu menjadi perhatian utama dari lembaga ini.


Menteri Arief Yahya optimis semua lulusan STP Nusa Dua berkualitas dan siap bekerja terlibat dalam berbagai bidang. Beliau mendorong seluruh lulusan untuk berani, kreatif, inovatif dalam berusaha. Salah satu caranya dengan go digital. Penggunaan digital akan memberikan manfaat positif bagi perkembangan pariwisata Indonesia. “More digital more global, more digital more personal, more digital more professional. Semua harus segera mengubah haluan, bertransformasi menuju platform digital. Travellers sekarang terus bergerak dan semakin cepat beralih ke digital lifestyle. Tugas kita untuk menjemput perubahan dengan go digital jika ingin winning the future customers”. Ujar beliau.


Tidak ada yang paling membahagiakan, melihat senyum cerah merekah di wajah sumringah, dari para wisudawan wisudawati, dari para keluarga, sanak saudara, orangtua, paman, bibi, kakek dan nenek yang turut hadir, juga anak, suami dan istri. Bahkan, para dosen, pegawai dan pimpinan lembaga Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali turut merasakan kebahagiaan tersebut. Teruslah kembangkan sayap-sayap kalian yang terbentang. Jangan pernah berhenti hingga disini, jangan mudah berputus asa, atau lekas berbangga diri. Tetap tegakkan kepala, maju melangkah meraih setiap asa dan cita yang kalian inginkan, membawa nama besar lembaga kita di dada kalian, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar