Rabu, 19 Desember 2012

Ujian Akhir Semester di STPNDB



Rabu, 19 Desember 2012..... Ini adalah hari ketiga muridku ujian teori minggu ini. Minggu lalu mereka menghadapi ujian praktek. Ya, dua minggu ini adalah pelaksanaan bagi Ujian Akhir Semester seluruh mahasiswa yang mengikuti proses belajar mengajar di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.



Pagi hari sudah tiba di kampus Kampial, aku sarapan bersama ibu Dra. I Gusti Ayu Mirah Darmayanty, M.Si. Kami sarapan nasi jinggo seharga Rp 2.500. Lumayanlah, pengganjal perut hingga siang hari nanti. Kemudian kami bergerak. Tugas pertama ku hari ini, mengawasi para mahasiswa Program Diploma IV, Program Studi Manajemen Konvensi & Perhelatan semester 1, di gedung Lontar, blok A, lantai satu, ruang 01. Kami menyingkatnya menjadi MKH s1, LA 101, untuk mata kuliah Psikologi Pelayanan. Pengawasan berlangsung dari pk 8.30 hingga pk 10.00.



Berikutnya menanti, D IV, Administrasi Perhotelan semester 1, di gedung Padma blok A, lantai 1 ruang 03, dari pukul 10.00 hingga pk 11.30, untuk mata kuliah Peraturan Kepariwisataan. Dan, parahnya, aku lupa membawa sekaligus kedua soal, hingga harus balik dahulu ke Gedung Rektorat untuk mengambil amplop besar berisi soal, lembaran jawaban, dan berita acara. Duuuhhh, ini berarti aku harus kembali bolak-balik sekian jauh, dalam gerimis hujan. Dan, jarak antar gedung lumayan jauh terpisah.....



Kutemui pak Ketut Sudarsana, SE., MM.,  berlari menghampiriku. Saudaranya masuk rumah sakit, dia bingung karena tidak ada yang mengawasi kelasnya. Duuuhh, aku paham bagaimana rasanya panik dan merasa sendirian tiada yang membantu. Kukatakan, biar tugasnya ku handel, dan dia harus berangkat segera ke rumah sakit. Dia masih mencoba menawar untuk mengambil kelas yang harus kuawasi, kutolak mentah2. Meski aku bukan perempuan super heroik, dia harus membiarkanku membantu mengawasi kelasnya.



Pukul 11.30..... masih ada jeda waktu 30 menit, sebelum kembali bertugas mengawasi ujian teori pada akhir semester ini. Aku kembali ke ruang, dan.... kami berpesta rujak bersama. Bu Nyoman Sukerti, SE., M.Si., membawa bumbu rujak dari rumah, hasil bikinan sendiri. Dia juga membawa 3 mangga muda. Dan... banyak pohon mangga di dalam lingkungan kantor kami yang sedang berbuah. Sedikit ide kreatif, dan... batang bambu, dan, kami menggoyang pohon hingga berhasil mendapat tambahan 10 buah mangga lagi. Hahaha..... bukankah, bahagia bisa hadir dengan beragam cara, karena bahagia adalah ciptaan kita, meski dalam beragam keterbatasan dan kesederhanaan.



Pukul 12.00 hingga pk 14.00, aku kembali bertugas mengawasi ujian mata kuliah Teknik Kasir Kantor Depan, bagi mahasiswa Program Diploma III, program studi Manajemen Divisi Kamar semester 3, di Gedung Lontar blok B, lantai 2, ruang 03.

Kembali aku melanjutkan kerja di ruangku. beberapa set tugas Mata Uji Kompetensi harus kutuntaskan. Pak Dewa Gede Ngurah Byomantara, S.Pd., MA, sudah menanti semenjak minggu lalu, juga ibu Ayu Aryasih, SE., MM., dan Pak Nengah Sudarma. Bekerja hingga pk 15.00, ada dering telpon dari ibu Putu Nova. Staf Program Kelas Sore in imeminta bantuan agar aku bersedia menjaga dan mengawasi kelas.

Well, sahabat memanggil dan memohon bantuan. Inilah fungsi sahabat, bukan? Suka duka, lara pati, tanpa batas rentang waktu, ruang dan jarak, membantu dan membimbing selangi mungkin.

Maka, aku kembali bertugas mengawasi ujian akhir semester Program Diploma III, program studi Manajemen Tata Boga semester 5, untuk mata kuliah Manajemen Menu, di gedung Padma blok B, lantai 1, ruang 02, dari pukul 15.25 hingga pk 16.45.

Para mahasiswa ku...... Merekalah, para pemuda pemilik masa depan negeri ini. Kutitipkan masa depan bangsa dan negara pada kalian. Semoga kalian akan menjadi pribadi yang tangguh, nan bijak dan kian dewasa dari hari ke hari. Jangan mudah berpangku tangan dan berputus asa, bersikap cengeng dan hanya berkeluh kesah belaka.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar