Kamis, 25 November 2010

Di Papyrus Tropical Hotel, Bogor. 22 - 27 November 2010

Rabu, 22 November 2010. Setelah pesawatku, GA 407, delay 2 jam di bandara Ngurah Rai, Denpasar, akhirnya mendarat Pk 14.15 di Bandara Soetta Jakarta. Segera kunaiki bis Damri jurusan Bogor, setelah membayar tiket seharga Rp 35.000. menyusuri jalan raya menuju Bogor, dan tiba 2,5 jam kemudian, di terminal Baranangsiang. Kucoba duduk dan membeli minuman ringan, beberapa roti unyil seharga Rp 1.500 per biji. Setelah mengamati lingkungan sekitar, kusapa seorang bapak tukang ojek, menanyakan ongkos ke Papyrus Tropical Hotel. Akhirnya kami sepakati, Rp 20.000 bagi ongkos yang dia minta untuk menghantarkanku ke hotel tersebut.

Hari ini diklat periode I akan berakhir. Beberapa temanku sudah mendahului dengan mengikuti Program pelatihan paket 1 mengenai Standar Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (22 - 24 NOP.2010) yang berisikan :

  1. Kebijakan Nasional SPMI-PT
  2. Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi yang disesuaikan dengan ciri khas PT
  3. Mekanisme Penetapan kebijakan , standar dan manual SPMI;
  4. Praktek Pembuatan Kebijakan, Standar dan Manual SPMI.

Sedangkan diriku akan mengikuti Pelatihan Paket 2. Pelatihan Audit Akademik Internal (24 - 27 Nop.2010) yang berisikan:

1. Kebijakan dan Sistem Mutu Pendidikan Tinggi Nasional

2. Sistem Penjaminan Mutu Internal PT

3. Penjaminana Mutu Internal PPM dan Kemahasiswaan

4. Audit Akademik Internal pada PT

5. Pembuatan Laporan Audit Akademik

6. Praktek Audit Akademik Internal dan Pembuatan Laporan


Pukul 18.15, tiba di Papyrus Tropical Hotel. Bos ku, ibu Dra. Ni Kade Juli Rastitiati, M.Si. baru saja selesai mengikuti diklat sessi ke lima untuk hari itu. Seluruh peserta dapat waktu istirahat selama satu jam sebelum melanjutkan diklat dengan sesi berikutnya hingga pk. 20.30 malam. Hmm, kami akan melangsungkan diklat hingga ber malam-malam. Hwalah, sungguh membutuhkan stamina maksimal.

Segera kuikuti bu Juli ke kamarnya, # 103. Ya, aku akan tinggal bersama dengan ibu Juli selama mengikuti diklat ini. Kubawa satu ransel berisi perlengkapan pakaian, satu ransel laptop, dan satu ransel berisi perlengkapan administrasi.

Pukul 8 malam, bu Juli dan para peserta diklat periode I masih berada di ruang diklat. Dua orang sahabatku tiba di hotel ini. Mereka tinggal di Cibubur. Ibu Lia sudah berkali datang ke Bali. Dia slalu meluangkan waktu untuk menemuiku di rumahku, jika sedang ke Bali. Ibu Lia dating bersama sahabat akrabnya, Ibu Oka. Kami berbincang mengenai banyak hal. Dari segala keluh kesahnya, tentang impian dan harapan, hingga perjalanan hidup masing-masing. Tak terasa, hingga jelang pukul 12 malam waktu Bogor, kami melewatkan waktu dengan bercerita, saling menimpali, mendukung dan memberikan semangat satu sama lain.. Ah ha… bahkan mereka setengah mendesak, agar aku mau mampi di rumah mereka di Cibubur. Hmm, entahlah. Jadwal diklat yang berlangsung hingga larut malam hingga hari Sabtu, 27 November 2010. Harus mencoba menyesuaikan diri dengan segala rencana dan harapan.

Memang benar… pepatah yang mengatakan, kita harus tetap menjaga dan memelihara persahabatan, dengan siapapun juga, karena persahabatan bisa selalu mewarnai hari-hari kita, saling membantu dan memotivasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar