Kamis, 27 Januari 2011

Tentang Skripsi

Berhasil atau gagalnya usaha,
Bukanlah sebuah tujuan yg ingin kita capai
Hanya sebuah proses yang harus kita jalani dalan kehidupan, yang mewarnai hidup kita dengan jembatan pelanginya....

Sering kulihat, banyak siswa mengeluh ttg proses bimbingan skripsi, Awal menyusun rencana skripsi, dan saat maju ujian skripsi. Ada bbrp aspek yang harus jadi bahan pertimbangan dalam skripsi.

1. Faktor dari dalam diri
a. Strategi / langkah-langkah
Banyak siswa yang sesungguhnya memiliki bakat, sangat cerdas. IPK tinggi di kelas. Namun kalah trik dalam menyusun langkah / strategi. Mereka ajukan proposal di akhir semester terakhir, malas setor muka, diskusi dan revisi UPP mereka dengan para KPS, dengan para pembimbing dan penguji. Banyak pula mahasiswa yang menempuh skripsi dengan sudah bekerja. Mereka butuh tambahan finansial, peningkatan harga diri dengan bekerja, namun mengalami kesusahan dengan membagi waktu antara bekerja dan selesaikan skripsi
b. Mood
Sebagian keberhasilan skripsi juga ditentukan oleh emosi. Jika sudah emosi jiwa melanda, sedih, kesal, jengkel, malas untuk lihat skripsi, ke perpustakaan, diskusi dengan dosen, takut ditegur, bisa berbulan-bulan tidak hadir untuk diskusikan skripsi mereka.
c. Situasi dan kondisi yang berkaitan dengan diri sendiri
Komputer yang hang, data kurang, analisis mengalami kebuntuan, landasan teori tidak match dengan data dan fakta di lapangan, daftar pustaka diobok-obok / tidak ketemu yg pas.

2. Faktor dari luar diri
a.Lingkungan keluarga dan sahabat
Seorang doktor sahabatku pernah kemukakan ini. 24 % perceraian terjadi saat penyusunan Disertasi di Amrik sana. Hwaladalah..... Konsentrasi demi mengutamakan tugas kuliah justru akan berdampak pada kelestarian keluarga. Demikian pula sebaliknya, Kelestarian keluarga dipengaruhi oleh kelestarian urusan sekolah dan karir. Maka, mungkin ada baiknya, dengan meminta para sahabat dan anggota keluarga. untuk membantu memotivasi mahasiswa agar mencapai prestasi maksimal, segera menuntaskan Tugas Akhir mereka ini.

b.Lingkungan kampus, baik rekan mahasiswa dan dosen
Dosen juga adalah manusia, dengan segala karakter yg dimiliki. 50 % keberhasilan sebuah skripsi ditentukan oleh kemampuan siswa untuk berkomunikasi dg pembimbing atau penguji.
Se samanya hubungan pertalian, tetap ada perbedaan yang bisa memunculkan konflik. Smoga solusi bisa diperoleh demi hasil yang maksimal.

c.Peraturan yang berkaitan dengan skripsi
Mulai dari nilai, pelaksanaan kegiatan, dll


Swaha....
Smoga damai tiba di hati dan di bumi kita semua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar