Selasa, 18 Juni 2013

Sad Ripu & Rwa Bineda

Sad Ripu, adalah 6 musuh yg ada dalam diri kita, Kama artinya sifat penuh nafsu indriya. Lobha artinya sifat loba dan serakah. Krodha artinya sifat kejam dan pemarah. Mada artinya sifat mabuk dan kegila-gilaan. Moha artinya sifat bingung dan angkuh. Matsarya adalah sifat dengki dan iri hati.

Dalam masyarakat Bali khususnya yang beragama Hindu dikenal dengan istilah “Rua Bineda” yaitu Rua berarti dua dan Bineda berarti berbeda yang artinya ada dua yang selalu berbeda, seperti adanya siang dan malam, ada suka dan duka, ada hidup dan mati.Filsafat Bali ini melukiskan dua sisi kehidupan yang selalu bertolak belakang di dunia ini.

Nah, lalu, apa relevansinya? 
Relevansi antara Sad Ripu & Rwa Bineda adalah bahwa di dalam kehidupan ini kita akan selalu berhadapan dengan dua hal yang bertolak belakang.  

Duniawi ato spiritual, baik ato buruk, sedikit ato banyak, galau ato enjoy it, tamak ato bares, selingkuh ato pertahankan ikatan suci pernikahan....... Namun hidup adl pilihan. Semua tergantung sikap yg kita ambil, dan kita bertanggungjawab atas pilihan yg kita putuskan untuk dilaksanakan dalam hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar