Minggu, 09 Juni 2013

Wewaran, Wariga, Weton, Wuku, Shio, Zodiak......

Belajar memahami wariga, wewaran tentang hari kelahiran.......
Sungguh indah mengetahui dan bisa memahami makna yg terkandung di dalamnya


Mencoba memahami dari bintang dan weton, juga shio, serta mempelajari dari tri wara, panca wara, dan saptawara, wuku dan sasih....... Terkadang orang tidak percaya. Termasuk diriku, hanya ingin tahu sekilas, dan tidak terlalu ambil pusing dengan aplikasinya dalam berbagai aspek kehidupan.....

http://warigabali.metrobali.com/?p=6 menjelaskan, wariga sering disebut tentang pengetahuan mengenai perbintangan / hari, dalam istilah Bali dikenal dengan dewasa.

Dalam mencari hari-hari yang terbaik, ahli wariga biasanya menggunakan gabungan dari kelima unsur tersebut. Tetapi terdapat juga rumus sebagai berikut: wawaran alah dening wuku, wuku alah dening tanggal/panglong, tanggal/panglong alah dening sasih, sasih alah dening dauh, dauh alah dening wetu, wetu alah dening Sang Hyang Tri Dasa Sakti (Namayudha:1993:35).


Semua itu artinya adalah bahwa wawaran bisa diabaikan karena wuku menyatakan saat itu baik, wuku biasa diabaikan karena tithi (tanggal-panglong) menyatakan itu baik, tithi bisa diabaikan karena sasih menyatakan saat itu adalah saat yang baik, sasih juga biasa diabaikan karena dauh menyatakan itu adalah saat yang baik serta dauh juga bisa diabaikan karena sesuatu itu memang harus terjadi pada saat itu.


Suamiku terkasih, Drs. Wayan Tagel Eddy, M.Si., terlahir pada hari Senin, Soma Pon Wuku Sinta. 2 Juni 1958.
Prediksi orang yang lahir pada Soma Pon adalah  dipengaruhi oleh lintang kiriman, wataknya ramah tamah, sopan santun, hati-hati bertindak, pandai menyusun kata-kata atau mengarang dan lekas merasa kagum serta kadang kala putus asa karena di atas oleh kesulitan. 
Dan, orang yang memiliki wuku Sinta punya gambaran : Pelindung: Sanghyang Yamadipati, memiliki pembawaan Surya, kayunya Kayu putih dan Kandayakan, burungnya Gagak dan Bango-bango, ternak RangranganGedung terkunci, lumbung kosong. Wataknya: Keras, suka pamer. Perintahnya berawal panas, kemudian lembut. Pelindung orang sengsara, sakit dan orang pelarian. Memahami petunjuk gaib. Gemar bertapa. Bercita- cita mulia, cakap dan cekatan kerja.
Dengan Ekawara: Luang, Dwiwara: Pepet, Triwara: Beteng, Caturwara: Laba, Pancawara: Pon, Sadwara: Ariang, Saptawara: Soma, Astawara: Indra, Sangawara: Dangu, Dasawara: Pati.

Aku sendiri, Dra. Ni Desak Made Santi Diwyarthi, M.Si., terlahir pada hari Sabtu, Saniscara Pon wuku Ugu. 5 April 1969.
Prediksi orang yang kelahiran Saniscara Pon adalah karakternya dipengaruhi oleh lintang sungenge, agak suka kemewahan, suka memperlihatkan kekayaan dan kepandaiannya, tapi umumnya berhati baik.
Menurut sahabatku, kelahiran Saniscara dibawah naungan bhatara Brahma dengan Saraswati sebagai saktinya, cenderung akan menjadi orang akademis, suka menulis dan ber imajinasi sangat tinggi, kadang keras meledak dan lembut bagai salju, siap menjadi sebagai pemimpin dan berpendirian teguh......
Dan, orang yang memiliki wuku Ugu punya gambaran :  pembawaan Prasiwaka, kayu Bunut dan Rangda, burung Gagak dan Kepodang, ternak Gajah, gedung terbuka, lumbung tertutup. Wataknya : Baik Budi. banyak akal, lekas mengerti. Banyak rejeki, tidak suka berkumpul, hemat, pendiam, susah diperintah. mementingkan diri sendiri, romantis, agak pencemburu. terpelajar.
Dengan Ekawara: Dwiwara: Menga, Triwara: Beteng, Caturwara: Menala, Pancawara: Pon, Sadwara: Ariang, Saptawara: Saniscara, Astawara: Yama, Sangawara: Tulus, Dasawara: Manusa.

Putra sulungku, Wayan Adi Pratama, terlahir pada hari Senin, Soma Paing wuku Warigadean. 1 Juli 1996.
Prediksi orang yang lahir pada Soma Paing adalah  dipengaruhi oleh lintang kukus (dupa), berkelakuan layak, berwatak baik, sopan santun dan lemah lembut lembaganya, tapi umunnnya berhati keras
Dan, orang yang memiliki wuku Warigadean punya gambaran : Pelindung: Sanghyang Maharsi, memiliki pembawaan Gandarwa, kayunya Ancak dan Cemara, burungnya Derkuku kesturi, ternak Gajah, Gedung tertutup, Wataknya : Bercita-cita baik, berat tanggungannya. Rejekinya di belakang hari. Lemah lembut perintahnya, dihormati, keras kemauannya. Pandai mencari nafkah. Keikhlasannya setengah-setengah. Menepati perkataannya, jika marah menakutkan
Dengan Ekawara: Luang, Dwiwara: Pepet, Triwara: Kajeng, Caturwara: Jaya, Pancawara: Paing, Sadwara: Urukung, Saptawara: Soma, Astawara: Guru, Sangawara: Gigis, Dasawara: Duka.


Putra bungsuku terlahir pada hari Kamis, Wrespati, Umanis/legi, wuku Gumbreg. 15 Mei 2003.
Prediksi orang yang lahir pada Wrespati Umanis adalah dipengaruhi oleh lintang sangka tikel, berangan-angan tinggi, banyak cita-citanya, pandai bergaul dan mempunyai banyak kawan. Hanya sayang suka dipuji dan suka pula mencampuri urusan orang lain.
Dan, orang yang memiliki wuku Gumbreg punya gambaran : Pelindung: Sanghyang Candra, memiliki pembawaan Bumi, kayunya Tengguli dan Beringin, burungnya Keker dan Gagak, ternak Macan, gedung terbuka, lumbung tertutup, wataknya : Keras budi, segala yang diinginkan agar segera tercapai, sulit dicegah, pengasih. Perintahnya berawal lembut namun berakhir keras. Baik bagi perlindungan keluarga, penyayang. Senang di tempat yang sunyi
Dengan Ekawara: Luang, Dwiwara: Pepet, Triwara: Pasah, Caturwara: Menala, Pancawara: Umanis, Sadwara: Paniron, Saptawara: Wrespati, Astawara: Uma, Sangawara: Dangu, Dasawara:  Duka.



Suamiku, Terlahir tahun 1958, memiliki shio Anjing / Sahabat Setia.
Shio Anjing paling disenangi dalam horoskop Cina. Ia sosok yang setia, jujur, pintar, adil, ramah dan tulus. Ia memiliki semangat untuk maju, terus belajar, dan mengamati tanpa kenal lelah. Ia taat peraturan, patuh hukum, dan giat bekerja. Shio Anjing tidak pernah melanggar hukum. Ia realistis, tak menerima sikap romantisme, dan melankolis. Tidak pernah berkhayal berlebihan. Ia tak akan melepaskan merpati di tangan hanya demi khayalan bisa menangkap punai yang terbang tinggi.
Merasa puas meski hidup biasa-biasa saja bersama keluarga kecil yang hangat dan bahagia. Sedikitpun tidak tersentuh dengan kejahatan dan keburukan duniawi. Shio Anjing tidak materialistis dan tak senang kemegahan. Ia lebih menyukai kesederhanaan dan tidak begitu memedulikan uang. Namun, kalau butuh uang, ia akan mengejarnya. Ia juga sosok yang dermawan, suka memerhatikan dan membantu orang lain, menegakkan kebenaran, dan membela orang-orang lemah yang diperlakukan tak adil. Ia tidak ragu menolong, ikhlas, dan tanpa memikirkan untung-rugi. Ia adalah hakim alamiah yang sangat objektif. Anjing adalah sahabat paling setia.


Aku sendiri, terlahir tahun 1969, memiliki shio Ayam Jago / Perfeksionis & Teliti.
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Ayam, yaitu Shio Ayam Logam, Ayam Kayu, Ayam Air, Ayam Api, dan Ayam Tanah. Ayam dalam Horoskop Cina dikenal sebagai pahlawan gagah berani yang sulit dimengerti dan eksentrik. Penampilan luarnya yang gagah bisa dianggap sebagai simbol keyakinan dan kesiap-siagaan. Namun, pemikirannya cukup konservatif dan kolot.  Meski begitu, Shio Ayam menarik dan penuh gaya. Ayam tak pernah berjalan terbungkuk-bungkuk. Posisi tubuhnya selalu tampak tegak dan pongah. Bahkan, pemilik Shio Ayam yang paling pemalu sekalipun masih memiliki potongan tubuh yang langsing dan selalu mempertahankan sikap tegas yang khas.
Wajar tapi menawan, lepas bebas tapi sopan, tenang, dan berkelas penampilannya. Ia berlapang dada, menangani masalah secara serius dan konsentrasi, tidak serampangan, tidak ragu-ragu, tabah, dan tekun. Shio Ayam terus menerjang meski dihadang kesulitan. Kegagalan tidak akan mengurangi semangat juangnya. Ia tak akan tunduk pada siapa atau apa pun, tak mau kalah, selalu ingin membandingkan keunggulannya dengan keberhasilan orang sehingga tak jarang timbul “gesekan”. Dia tak akan lari hanya karena perselisihan. Ia akan menghadapinya seperti layaknya Ayam jago.

Putra sulung, terlahir tahun 1996, memiliki shio Tikus / Cerdik & Efisien.
Shio Tikus memiliki karakter yang jenaka, rajin, tanggap, dan cekatan. Shio Tikus juga terlihat memesona, ceria, jujur dan cenderung blak-blakan. Sifat lainnya dari Shio Tikus adalah cerdik, lincah, humoris, gaul, giat, hemat (cenderung sedikit pelit), dan percaya diri. Sisi lainnya, Shio Tikus juga gemar pesta, dugem, kongkow dengan konco-konco, dan travelling.
Shio Tikus sangat tulus menyayangi teman-teman, anak buah, kerabat, dan terutama pasangannya. Terkadang, ia suka ikut terlibat dalam kehidupan dan petualangan pribadi orang lain dan tidak mudah melepaskan ikatan emosi dengan sesama. Kemampuannya mencintai orang terdekatnya sebanding dengan kelihaian dan kecintaannya pada uang. Suka berkelompok. Ia mampu mengatasi kesulitan dan pandai mengambil posisi pada saat krisis. Sepertinya, Shio Tikus memiliki bakat untuk meloloskan diri pada saat terjebak, atau kondisi gawat. Prioritas utamanya adalah menyelamatkan diri. Shio Tikus juga mempunyai bakat untuk membela diri dan nyaris tidak gagal.
Shio Tikus yang cerdik selalu sanggup menemukan pekerjaan produktif. Tidak sedikit pemilik Shio Tikus yang menjadi penulis jempolan. Salah satu contoh pemilik Shio Tikus adalah Shakespierre. Shio Tikus memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar, pandai mengamai, jeli pada hal-hal yang sepele, dan memiliki daya ingat yang sangat baik. Karena karakter dasar itu, Shio Tikus juga cocok untuk menapaki karier menjadi seorang wartawan. Bukan hanya itu, Shio Tikus juga memiliki bakat sukses dalam mengelola bidang apa pun karena sangat fleksibel dan cepat menyesuaikan diri dengan segala macam situasi.
Namun, satu hal yang bisa menghadang keberhasilan Shio Tikus adalah faktor ketamakan. Shio Tikus paling tidak bisa mencium “bau uang”. Terkadang, ambisinya untuk mengeruk keuntungan membuatnya terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan. Shio Tikus suka memaksakan diri untuk mengerjakan banyak hal sekaligus apabila berhubungan dengan uang. Bagi Shio Tikus, uang adalah gairah utamanya. Meskipun telah dibekali “alarm tanda bahaya” oleh alam, tetapi ia sering mengabaikan instingnya. Masalah utama Shio Tikus adalah tidak berdaya pada “tawaran yang menggiurkan”. Akibatnya, ia cenderung jatuh ke dalam “perangkap lama”, yaitu terjebak pada ketamakannya sendiri, bahkan sampai jatuh bangkrut. Namun, ketika bangkrut, Shio Tikus selalu menemukan rezeki lainnya yang tersembunyi di suatu tempat. Pemilik Shio Tikus paling sentimental dibandingkan dengan shio lainnya. Shio Tikus sangat akrab dan dekat dengan anak-anak dan orang tuanya.

Putra bungsu, terlahir tahun 2003, memiliki shio Kambing / Si Melankolis yang Selalu Beruntung.
Shio Kambing adalah simbol feminin di antara zodiak Cina. Shio Kambing ibarat “ibu yang berlimpah kasih sayang”. Shio Kambing sosok yang lemah lembut, baik hati, penurut, sedikit pemalu, dan tampak ketakutan. Sikapnya ramah, sopan, pengertian, mampu mengendalikan diri, dan suka membantu. Shio Kambing dikuasai perasaan, tetapi tajam pemikirannya. Ia sentimentil dan mudah putus asa, tetapi hatinya keras, tegar, pandangannya tegas, dan tidak mudah terpengaruh oleh opini publik. Ia pribadi yang bebas, mandiri dan tidak pernah memedulikan gunjingan orang lain. Ia sangat menjauhi konflik atau permusuhan. Ia tak mau terlibat dalam aliran yang mengatasnamakan apa pun.
Shio Kambing memiliki peruntungan yang bisa dibilang selalu mujur. Teman-temannya selalu siap sedia untuk menyokongnya dan membantunya. Orang Cina percaya bahwa dewi fortuna selalu tersenyum kepada Shio Kambing karena kepolosan dan kebaikan hatinya. Shio Kambing sosok yang dermawan dan tepat waktu. Ia tak segan-segan untuk mengeluarkan hartanya untuk membantu sesama yang tertimpa musibah. Mudah untuk memaafkan dan memahami kesalahan orang lain, menyukai keberadaan anak kecil dan suka memelihara binatang. Ia sangat akrab dengan alam, tetapi lebih suka mengurung diri di dalam rumah. Temperamennya kadang berubah-ubah, tak mungkin baginya untuk bekerja di bawah tekanan. Ia sulit bersikap objektif. Penampilan luarnya seperti orang yang tampaknya pasrah dan “nrimo”. Kalau terperangkap dalam perdebatan, ia lebih suka menelan sendiri semuanya daripada harus mengeluarkan dan mencerca orang lain. ‘Gerakan tutup mulut’ terhadap apa pun akan membuahkan hasil lebih baik dibandingkan dengan membalas kata-kata makian. Ia memilih caranya sendiri.
Shio Kambing tak pernah memutuskan pertalian dengan sanak keluarga dan kerabatnya. Ia selalu pulang menjenguk ibu untuk sekadar mencicipi makanan yang kesukaannya. Ia tak pernah melupakan hari ulang tahun, perayaan perkawinan, atau seluruh peristiwa yang dianggap penting oleh kerabat dekatnya. Ia berusaha keras merayakan hari-hari khusus itu secara berlebihan. Ia sangat sensitif dan ingin agar sahabat dan orang terdekatnya mengingat hari-hari khusus yang sangat berarti baginya. Celakalah mereka yang tidak ingat hari ulang tahunnya atau tidak menjenguknya ketika sakit, Shio Kambing akan segera ‘terluka’ dan akan tetap mengingatnya sampai kapan pun.


Cara mengetahui shio? Gampang. Ulangi dari deret berikut..... 1969/shio ayam jago, 1970/shio anjing,  1971/shio babi,  1972/shio tikus, 1973/shio kerbau, 1974/shio macan, 1975/shio kelinci, 1976/shio naga, 1977/shio ular, 1978/shio kuda, 1979/shio kambing, 1980/shio monyet. dan berikutnya, lanjutkan kembali sesuai deret tersebut....


Dan... bila ditilik dari perbintangan, maka 










Suamiku memiliki bintang Gemini, karena terlahir 2 Juni 1958,
           Dilambangkan dengan sepasang anak kembar. Mereka adalah putra dari dewa Zeus. Kedua anak kembar ini bernama Castor dan Polux.
             Senang berbicara, mudah beradaptasi dan sering berubah-ubah pendapat. Bertanggungjawab, namun sering menilai hanya dari luar / penampilan orang lain belaka.











Aku memiliki bintang Aries, karena lahir 5 April 1969,
           Dilambangkan oleh seekor domba. Domba ini bukan sembarang domba. Domba ini berbulu emas. Ia dikorbankan kepada dewa tertinggi sebagai persembahan, ternyata dewa Zeus senang menerimanya. Dan ia pun dijadikan bintang.
       Dengan simbol domba dan dibawah pengaruh Dewa Perang, kecenderungan pemarah namun nan romantis, agresif dan pemberani. Keras kepala dan tak suka dibantah. Tidak suka bertele-tele, sering sembrono dalam bertindak. Berbakat sebagai pemimpin, cenderung optimis, dan tipe petualang.











Putra sulungku dengan bintang Cancer, karena lahir 1 Juli 1996,

         Dilambangkan oleh kepiting. Merupakan jelmaan ular bernama Hydra. Ular ini di kirim olehYuno, untuk melawan Hercules (pemuda yang dikenal kuat dan gagah berani). Ular yang di kirim oleh Yuno ini ternyata sangat beracun dan mempunyai banyak kepala. Apabila kepalanya ditebas oleh Hercules maka akan tumbuh lagi. Hercules dengan cerdiknya, membakar leher ular itu. Maka habislah riwayat sang ular. Kemudian ular itu dijadikan bintang. Membunuh ular adalah salah satu dari 12 tugas Hercules yang sangat berat.
           Sangat susah ditebak karena memiliki perasaan yang sering berubah, namun konstan dalam mencapai tujuan. Semangat tinggi dan ide cemerlang. Susah menerima orang baru dalam lingkungan, namun tipe setia pada keluarga dan sahabat. Sangat cerdas, penyayang dan pelindung. Dengan hasrat yang kuat, mereka tipe romantis.












dan putra bungsu ber bintang Taurus, karena lahir 15 Mei 2003.
           Dilambangkan oleh sapi jantan. Taurus berasal dari kata Taureau yang artinya sapi jantan. Sapi ini adalah jelmaan dari dewa Zeus (Yupiter). Konon menurut ceritanya dewa Zeus paling suka sama gadis-gadis cantik. Ia juga terkenal sebagai dewa yang paling banyak istrinya. Maka, ketika ia melihat kecantikan putri Eropa, yang cantiknya tiada tara, saking kesemsemnya ia mengubah dirinya menjadi sapi jantan agar dapat menculik putri Eropa.
          Dengan kekuatan, kekerasan hati dan keteguhannya, bertumpu pada kejantanan dan kekuasaan, mereka bisa seketika marah bila ada yang mengusik emosi. Tidak mudah marah, sangat irit dan senang menyendiri, namun jangan coba mengganggu dan mengambil kesempatan dalam kesempitan baginya. Tipe yg konsisten, tidak suka perubahan, mencintai keluarga dan sahabat, penuh strategi, sangat berhati-hati, taat dan menghargai tradisi.


Urutan perbintangan / zodiak:
1. Aquarius (guci air) = 21 Januari sampai dengan 19 Pebruari
2. Pisces (ikan) = 20 Februari sampai dengan 20 Maret
3. Aries (domba) = 21 Maret sampai dengan 20 April
4. Taurus (banteng) = 21 April sampai dengan 22 Mei
5. Gemini (kembar) = 23 Mei sampai dengan 21 Juni
6. Cancer (kepiting) = 22 Juni sampai dengan 22 Juli
7. Leo (singa) = 23 Juli sampai dengan 22 Agustus
8. Virgo (bidadari) = 23 Agustus sampai dengan 23 September
9. Libra (timbangan/neraca) = 24 September sampai dengan 22 Oktober
10. Scorpio (kalajengking) = 23 Oktober sampai dengan 21 November
11. Sagitarius (busur panah) = 22 November sampai dengan 22 Desember
12. Caprocorn (kambing) = 23 Desember sampai dengan 20 Januari

Bagaimana tentang koleksi batu yang sesuai??
1. Aquarius = Amethyst
2. Pisces = Zircon
3. Aries = diamond / Intan
4. Taurus = Emerald / Zamrud
5. Gemini = Moonstone / Widuri Bulan
6. Cancer = Ruby
7. Leo = Sardonik
8. Virgo = Sapphire / Safir
9. Libra = Oval / Opal
10. Scorpio = Topaz
11. Sagitarius = Alexandrite
12. Caprocorn = Garnet

Hmmm, dan analisis perkiraan kepribadian berdasar bintang / zodiak???
CANCER
Great Kisser. Very high sex appeal.
Great in bed. Most horny.
PISCES
Caring. Smart. Center of attention. Too Sexy, DAMNIT. Very high sex appeal. Has the last word. Extremely weirdbut ina good way
LIBRA
Very gentle. Nice. Love is one of a kind. Sillyandfun! Have own unique sexiness. Most caring person you willevermeet!
AMAZING in Bed.!!!!!
CAPRICORN
Sassy. Intelligent. Sexy. Predict future.
Irrestible, awesome kisser. Great talker.
Always gets what he or she wants. BY FAR the BEST in BED.EVERYPERFORMANCE!!!!
AQUAR­­IUS
Trustworthy. Sexy. Rare to find. Loves being inlongrelationships. Extremly energetic.
Amazing in bed, the BEST lovers.

ARIES
Outgoing. Spontanious. No one to fuck with. Have own uniquesexiness. Unpredictable. Erotic.
Funny. Addictive. Take you on trips to the moon inbed.

TAURUS
Aggressive. freak in bed. rare to find. lovesbeingin long relationships. Likes to give a good fight for whattheywant.
Extremly outgoing. Outstanding kisser. sexualas****.
LEO
Great talker. Always the life of the party.Sexy.Horny all the time. Attractive physically or mentally(sumtimesboth) Can be Laid back or Wild. Knows how to have fun. Isreallygood at fvcking . Great kisser.
VIRGO
Dominant inrelationships.Sexy.A­­lwaysHorny.Freak in bed. Always wantsthe lastword.Loud.Caring.Sma­­rt.Loves being in longrelationships.Addictive . Passionate.
SCORPIO
sexy. Talkative. Energetic. Predict future.Mosterotic.Freak in bed.Good kisser. not one to mess with. alwaysgetwhat they want.
SAGITTARIUS
Spontanious. Horny.High sex appeal.
Rare to find. Good when found.
Loves being in long relationships.
GEMINI­­­
Nice. Love is one of a kind. Great listenersVeryGood in bed. Lover not a Fighter But Still Punch Your LightsOut.Trustworth



 http://warigabali.metrobali.com/?p=6 I Gede Sutarya dalam artikel mengenai Wariga, Filsafat Kehidupan Menuju Pembebasan, menjelaskan seperti di bawah ini.

Pada bagian dari wariga terdapat juga tenung-tenung (ramalan). Ramalan tersebut ditentukan berdasarkan wawaran, wuku dan sasih. Ramalan-ramalan berisi tentang jodoh, rejeki dan yang lainnya. Tenung-tenung ini dibedakan menjadi empat jenis (Aryana:2009:10) yaitu tenung pengalihan (menggabungkan urip wawaran), tenung jejinahan (menggunakan uang), tenung palelintangan (menggunakan lintang tertentu, misalnya lintang tangis) dan tenung campuran (menggunakan campuran dari teknik-teknik yang ada).
Secara garis besar, wariga sebenarnya terdiri dari berbagai bagian. Bagian-bagian tersebut adalah:
  1. Pawintangan (ilmu tentang perbintangan). Perbintangan biasanya digunakan untuk mencari hari-hari bercocok tanam. Berdasarkan wawaran (pancawara dan saptawara) terdapat 35 palalintangan atau gugusan bintang. Berdasarkan lontar Namaning Wintang terdapat 27 gugusan bintang, seperti Naksatra dalam Jyotisha (Lontar Namaning Wintang:Lembar I).
  2. Sasih adalah ilmu tentang musim dan peredaran gerak semu matahari mengelilingi bumi dan bulan mengelilingi bumi. Ilmu ini biasanya digunakan untuk mencari masa bercocok tanam dan bulan-bulan yang baik untuk melakukan upacara tertentu. Sasih ini terdiri dari 12 sasih dalam satu tahun, tetapi kurang lebih setiap tiga tahun sekali terjadi penambahan sasih (bulan ke-13), untuk menyesuaikan tahun bulan dengan musim (tahun matahari). Pada satu sasih terdiri dari 30/29 hari (tithi), terbagi menjadi dua bagian yaitu suklapaksa (pananggal, paro terang) yaitu tithi setelah tilem menuju purnama, serta kresnapaksa (panglong, paro gelap) yaitu tithi setelah purnama menuju tilem. Jika satu sasih berumur 29 berarti terjadi pangalihan pada bulan tersebut. Pangalihan tersebut terjadi setiap 63 hari sekali atau setiap sembilan wuku sekali mengikuti rumus Eka Sungsang, Dwi Tambir, Tri Kulawu, Catur Wariga, Panca Pahang, Sad Bala, Sapta Kulantir, Nawa Uye dan Dasa Shinta.
  3. Wuku adalah ilmu tentang ruas-ruas kumpulan bintang tertentu yang berporos dari bumi. Wuku berjumlah 30 dari Shinta – Watugunung. Setiap wuku berumur tujuh hari mulai dari redite (minggu) sampai saniscara (sabtu). Ilmu ini biasanya digunakan untuk menentukan saat-saat bercocok tanam, upacara dan hari-hari baik. Wuku berarti ruas, yang bisa dikonotasikan sebagai ruas-ruas jajaran bintang.
  4. Wawaran adalah ilmu tentang nama-nama hari yang mana setiap hari memiliki sepuluh nama (dasa nama) yang diwujudkan dengan Eka Wara sampai Dasa Wara. Wawaran biasanya digunakan untuk bercocok tanam, upacara tertentu dan hari-hari baik. Satu wawaran merupakan satu hari yang mulai dari matahari terbit sampai matahari terbit (pagi sampai pagi).
  5. Dadauhan adalah ilmu tentang pembagian waktu selama satu hari. Masyarakat Bali mengenal pembagian waktu dalam lima pembagian siang dan malam (24/10) yang disebut dengan Panca Dauh dan delapan pembagian siang dan malam (24/16), yang disebut dengan Asta Dauh. Dauh ini biasanya digunakan untuk mencari saat menanam, bepergian dan melaksanakan upacara tertentu.

3 komentar: