Kamis, 14 Oktober 2010

Lagi, Tentang Cinta......


“Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini… pastilah cinta akan menyatukan kita dalam kehidupan yang akan datang” (Kahlil Gibran via Ibu Hismudiati)

Hmmm.

Setelah mengajar dua kelas dan mengisinya dengan Ujian Tengah Semester, beberapa mahasiswa minta waktu luang untuk curhat masalah pribadi..... tentang cita dan cinta mereka.

Well, aku belum makan, bahkan juga sarapan. Dan, kemarin malam tidak makan. Kini, waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore. Namun mereka membutuhkan diriku. Maka.... kudengarkan mereka, dan kami mencoba mencari solusi bersama.

Ahh. Anak-anakku, sahabatku, para mahasiswa, dan, bagi tiap orang yang kuharapkan selalu penuh cinta di hatinya. Termasuk juga mengingatkan akan diriku sendiri. Kita jiwa yang sedang dan akan selalu tumbuh berkembang, mencari jati diri, mengisi hati dengan cita dan cinta. Mengisi ruang dan waktu perjalanan hidup yang ada. Tidak kujanjikan hidup bakal mudah dan selalu indah. Apa pun itu yang ada dihadapan kita, segala tangis dan deraian air mata, segala emosi dan gundah gulana yang mendera, segala usaha yang bagai jatuh bangun namun terkadang terhadang berkali dan berkali.... Jangan mudah menyerah, jangan menyerah.


Bahkan, Romo Grassius Josef Iskarjanto Reksosumarto ‎memberikan petuah indahnya .......

Inti terdalam manusia tidaklah mengandung inti diri.......

DHARMA juga tidak mengandung inti diri....

lepaslah dari segala kelekatan, kemelekatan, dan keterikatan.....

juga dari kelekatan, kemelekatan, dan keterikatan pada inti diri......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar