Selasa, 14 Desember 2010

Dendy dan Perjuangannya

Namanya Dendy Pramana. Dia muridku di Program Diploma IV, Program Studi Administrasi Perhotelan, angkatan 2006. Sebagian besar temannya sudah tamat dari bimbingan dan ujian sidang bagi skripsinya. Namun dia baru menempuh ujian sidang akhir bulan lalu, hari Jum'at 26 November 2010. Dan aku tidak bisa mendampinginya sebagai mahasiswa yang skripsinya kubimbing, karena saat itu aku sedang menjalankan tugas mengikuti Program Pelatihan Audit Akademin Internal yang diadakan oleh Pusat Penjaminan Mutu IPB, di Bogor, selama 4 hari. Hmmm.

Ibu nya hanya pedagang perlengkapan sarana bagi upacara Hindu di dekat pasar Sri Kerthi di jalan Gunung Soputan. Ayahnya adalah seorang pensiunan yang bergerak di penjualan hasil kue kering produksi sendiri. Dan Dendy menunggui warnet hasil usahanya sendiri. Sering dia tidak berani mengusir tamu yang datang, karena dia juga membutuhkan biaya untuk segala keperluan dan kehidupannya. Hal ini sering membuatnya terpaksa tidak tidur dan mempersiapkan diri dengan baik, padahal keesokan harinya harus bimbingan atau ujian.

Dan kini, dia hanya punya waktu tinggal beberapa hari untuk menyelesaikan revisi dari hasil skripsinya yang telah diujikan kemarin. Karena tanggal 24 November 2010 dia akan sudah berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pendidikan 3 bulan sebelum berangkat ke kapal pesiar di bawah American Holland Line.

Hmmmm....
Setiap orang punya impian dan harapan. Walau terkadang hidup tidak seindah yang kita harapkan dan kita minta. Namun, jangan pernah patah semangat dan membunuh asa yang hadir. Kenapa harus malu dan ragu dalam melangkah? Ini adalah kehidupan kita sendiri, dan tiap orang harus bangga dari usaha yang dilakukan dengan bersungguh, daripada hanya duduk termenung berdiam diri, apalagi menyesali diri tanpa lakukan tindakan apapun......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar