Rabu, 01 Desember 2010

Perjuangan Hidup...


Namanya Ketut Ardhana, nama bekennya di Face Book adalah Bloom Sugar. Dia muridku di semester akhir. Sudah setahun dia berjuang untuk selesai kan skripsinya, terhambat oleh rasa malas. Bulan lalu kutemui emaknya secara tanpa sengaja di Bank Mandiri cabang Nusa Dua. Berkeluh kesah tentang Ardhana yang tidak mau menamatkan pendidikan, tentang orangtua yang merupakan supplyer bahan makanan ke hotel di kawasan Nusa Dua, dan berharap anaknya segera tamat.

Hmmm,
Kini dia berada di hadapanku, mencurahkan isi hatinya, tentang dosen pembimbing yang sibuk dan susah ditemui. Tentang orang tua yang selalu menuntut dan terlalu mengekang kehendak anak, selalu menyalahkan. Di jaba Pura Kampus STPNDB, kami saling berdiskusi. Ku coba memotivasi dia, meyakinkannya, untuk melanjutkan perjuangan menyelesaikan skripsi yang tertunda.

Dan kemudian, tiba lagi sahabatnya yang lain. Mas Bagus Adi Badunggawa. Hmm, kasus yang sama. Perlu setahun untuk menyelesaikan bimbingan skripsinya. Dan begitu dia mau mendaftar untuk ujian sidang bagi skripsinya, ternyata dia tidak lulus untuk mata kuliah Pengetahuan Tata Hidangan. Sayangnya, setelah menunggu 3 bulan untuk ujian praktek juga teori bagi mata kuliah tersebut, dia dinyatakan tidak lulus lagi. Kini si bagus sedang menunggu bulan Desember, tanggal 20, untuk pelaksanaan ujian teori dan praktek, bagi mata kuliah sama. Sebelum kemudian dinyatakan berhak mengikuti ujian sidang bgi skripsinya.

Ah...
Brondong-brondong tampan ini pun tertunduk sedih. Setelah sekian lama usaha mereka tersandung berkali kali.... Mash harus bayar SPP lagi dan lagi. Ah, hidup sungguh tidak mudah. Namun mereka kuminta untuk tidak mudah menyerah. Sedikit langkah lagi... Jatuh bangun harus terbiasa ditempa oleh berbagai situasi dan kondisi kehidupan di dunia.

Tuhan, semoga mereka tabah, dan tidak jadi pribadi-pribadi manja, menjadi orang dewasa yang sejati.....

4 komentar:

  1. Hmm..., kok jadi de' javu ya :D.

    BalasHapus
  2. Hohoho....
    Inget pengalaman pribadi.
    Saya juga pernah alami yang begini ini.
    Hiks....

    BalasHapus
  3. ehmm...... ada yang terbakar stadium 4 nih......

    BalasHapus
  4. Hanoman kobong nangdi, pak Anto?
    Hohoho, perlu pemadam kebakaran?
    Pernah mengalami jatuh bangun yang sama juga, ya? Smoga semua tabah alami berbagai cobaan dalam kehidupan, ya.....

    BalasHapus