Selasa, 26 Juli 2011

Senma STPNDB, sebagai suatu organisasi kemahasiswaan.









Jika ada yang bertanya...." apa sih manfaat ikut berbagai aktivitas ber organisasi??? Bikin capek, waktu tersita banyak buat ngurus hal2 gak penting !" Hmmm. Remaja memiliki energi yang berlimpah. Pada fase ini, terjadi perubahan yang bagai sebuah lompatan dahsyat dari periode kanak-kanak ke masa dewasa. Bila mereka tidak berhati2 mengendalikan diri, bakal tergelincir. Istilahnya.... butuh bertahun2 waktu buat mendidik mereka, namun hanya se detik buat menghancurkannya, dan, bertahun-tahun pula untuk memperbaiki segala sesuatu yang dianggap salah dan keliru dari remaja.


Aktif dalam berbagai bidang justru mereka perlukan sebagai sarana menyalurkan energi tersebut. Sehingga mereka bisa menemukenali diri sendiri, mempelajari potensi yang ada dalam dirinya, dan memanfaatkan secara maksimal apa yang mereka miliki demi kebaikan bersama dan dirinya, di masa kini juga di masa depan.


Dalam banyak kegiatan di STPNDB, lembaga melibatkan Senat Mahasiswa yang ada. Mereka yang berasal dari berbagai program studi yang ada di STPNDB ini ikut membantu kelancaran berbagai kegiatan yang ada. Termasuk kali ini, pada kegiatan Pembinaan Sikap Dasar Profesi tahun 2011.


Kegiatan PSDP tahun 2011 digawangi oleh tim MTB, dengan ketuanya Pak AA Alit Pujawan. Mahasiswa yang ikut dilibatkan berjumlah 40 an orang. Dari mereka yang bertugas ini, sebagian ada yang baru kembali dari periode training mereka di berbagai hotel dan restoran di berbagai lokasi. Ada pula yang sudah bekerja.


Namun, mereka semua belajar dari berbagai kegiatan yang mereka ikuti. Menunjukkan dedikasi tinggi dengan ikut merancang rencana kegiatan, melaksanakan dengan bersungguh, dan melakukan evaluasi pada setiap peristiwa. Hmmm, sungguh berbangga melihat ini semua.


Lalu, apa sih, manfaat kita ikut terlibat pada berbagai aktivitas yang ada di sekeliling kita ?

1. Membuat kita menjadi semakin tahu, membuka wawasan, bukankah, ada pepatah,

"Tak kenal, maka tak sayang"

2. Menambah teman / sahabat, rugi lho klo punya sahabat sedikit. Pepatah mengatakan

"That is what friends are for" ga ada ruginya punya banyak sahabat dari berbagai kalangan

dan dari seluruh pelosok dunia.

3. Jadi sarana pembelajaran. Bukankah, pengalaman adalah pembelajaran terbaik bagi kita?

Menjadi smakin bijak dan dewasa dengan belajar dari pengalaman.

4. Menyalurkan energi. Bayangkan, energi yang tiada hentinya, ga disalurkan ke hal positif.

Hmmm, bakal uring2an, bukan? Dengan ikut aktif pada berbagai kegiatan organisasi, ya olahraga juga,

ya bersahabat juga, ya belajar disiplin dan selesaikan banyak tugas pula. Bakal cape dan tidur lelap,

ga sempat lagi melakukan, bahkan, mikir yg enggak enggak.


http://amy09320017.student.umm.ac.id/ menjelaskan manfaat ikut organisasi kemahasiswaan :

dengan mengikuti organisasi mahasiwa dapa mengaktualisasikan dirinya. Selain itu, mahasiswa juga akan memiliki kemampuan lebih di bandingkan dengan mereka yang tidak pernah ikut organisasi dam mampu membangun karakter mahasiswa yang matang dalam berpikir, pandai dalam bersosialisai dan kritis dalam menyikapi permasalahan selain itu bisa melatih soft skill di luar kegiatan perkuliahan. manafat lain dari organisasi yaitu

1. Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan akan lebih efektif dengan adanya organisasi yang baik.

2. Organisasi dapat mengubah kehidupan masyarakat. Contoh dari manfaat ini ialah, jika organisasi bergerak di bidang kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat. Organisasi Kepramukaan, akan menciptakan generasi mudah yang tangguh dan ksatria.

3. Organisasi menawarkan karier. Karier berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Jika kita menginginkan karier untuk kemajuan hidup, berorganisasi dapat menjadi solusi.

4. Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan. Organisasi selalu berkembang seiring dengn munculnya fenomena-fenomena organisasi tertentu. Peran penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan sebagai dokumentasi yang nanti akan mengukir sejarah ilmu pengetahuan.

Hla trusss, efek negatifnya apa dong?

Waktu santai rada berkurang, kadang harus siap berbagi waktu dengan orang lain dan kesibukan lain. Orang lain sudah nyenyak tidur, sudah bikin laporan training, mereka masih berkutat dengan hal dan hil yang berkaitan dengan organisasinya. Kadang, mau makan aja syusah nyuri waktu. Perlu ekstra dana, tenaga juga. Banyak hal yang menggugah emosi, jadi tensi tinggi. eh hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar