Rabu, 27 Juli 2011

Velyana, Jennifer dan Wisaka


Wisaka Indrayanti, Jennifer Cahyadi Kadarusman, Velyana Phe Wijaya. Adalah tiga sahabat yang bagai kembar tiga. Kemana2 selalu bersama. Sering mempertontonkan diri di seputran lingkungan kampus. Baik dalam melaksanakan berbagai aktivitas proses pembelajaran, juga dalam menyelesaikan tugas akhir mereka, menuntaskan skripsi. Tipe mereka yang easy going, blak-blak an, dan penuntut untuk segera mendapatkan informasi, rajin bolak balik demi segera menuntaskan tugas, terkadang membuat orang yang berkomunikasi dengan mereka menjadi rada mengernyitkan dahi karena tidak siap melihat sikap demikian.

Mereka berada pada Program DIV Program Studi Administrasi Perhotelan. Berarti kini, telah 4 tahun mereka menuntaskan masa pendidikan di STPNDB, setelah mengalami dua kali periode training di luar kampus, pendidikan di bagian Divisi Kamar, Tata Hidangan, Tata Boga, dan menuntaskan program Aplikasi Manajemen mereka.

Hari ini mereka mengikuti ujian sidang. Bersama dengan mereka, terdapat beberapa rekan mereka pula, baik yang secara bersama adalah teman se angkatan dan berada pada akhir semester pendidikan, atau yang merupakan kakak kelas mereka. Ini adalah ujian sidang terakhir bagi tahun akademik 2010/2011, sebelum kami memasuki tahun akademik baru, 2011/2012. Entah sebuah kebetulan, mereka mendapatkan ruang yang sama pula. Berarti, dengan para penguji yang sama, dalam sebuah urutan nomer untuk diuji.

Berulang kali, semenjak mereka mendapatkan Nota Dinas untuk disampaikan pada para pembimbing skripsi mereka, mereka berdiskusi dengan banyak orang. Baik itu sahabat, sumber informan mereka, rujukan teori yang mereka dapatkan, termasuk proses pembuatan kuesioner dan pengolahan data.

Termasuk tipe orang yang gigih berjuang, juga dengan se abreg-abreg data yang mereka bawa kemana-mana. Toh akhirnya kita wajib mengacungkan jempol terhadap usaha yang diperlihatkan dalam mewujudkan tiap mimpi, harapan, keinginan dan cita-cita di masa depan.

Hari ini mereka telah memperlihatkan, nilai A bagi skripsi mereka adalah sebuah harga yang diperoleh dengan cucuran keringat, kegelisahan, kemarahan, kesedihan, kebahagiaan, waspada, curiga, cemburu. Sepanjang perjalanan yang telah mereka jalani demi mengakhiri masa pendidikan di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.

Hmmm, hidup baru dimulai, anak-anakku......
Hidup kalian masih sangat panjang. Terkadang, apa yang hadir tidaklah semudah dan seindah dalam harapan kita. Namun, jangan pernah meruntuhkan semangat kalian untuk bangkit berkali-kali. Berjalanlah selalu di jalan Tuhan, jangan biarkan minder dan frustrasi membuat kalian mogok untuk melangkahkan jejak kaki, di jalan terjal berliku yang terbentang luas......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar