Sabtu, 21 Mei 2011

1st Inflorisity The Bigges Flower Arrangement Competition in Bali, again.....






Jum'at, 20 Mei 2011. Hari keramat bagi bangsa ini. Hari Kebangkitan Nasional. Bangun di pagi hari, segera kupersiapkan sarapan pagi bagi anak2, sambil memasak nasi, kujemur baju yang sudah di cuci. Well, tidak ada simbok, tidak berarti keluarga dan kerja terbengkalai. Maka, anak2 selesai tepat waktunya sebelum si putra sulung mengantar adiknya berangkat sekolah di SDN 3 Denpasar, dan langsung menuju sekolahnya sendiri. SMAN 1 Denpasar. Masing2 di tas mereka telah tersedia se bungkus nasi untuk bekal makan siang, dan se botol air minum. Sengaja kubelikan air minum botolan, karena sering kali hilang atau tertinggal, jadi, tidak terlalu sakit hati karena seringkali mereka lakukan itu, hehehe.....

Lalu bergegas aku berangkat menuju Nusa Dua. Hari ini mahasiswa Sekolah Tinggi Nusa Dua Bali Program Studi Diploma IV Manajemen Administrasi Perhotelan mengadakan Program Aplikasi Manajemen mereka, dengan topik, 1st Indonesia Flower Competition. Hari ini adalah hari pertama dari rangkaian program APM yang mereka laksanakan. Wajah cerah para mahasiswa yang kutemui di Gedung Widyatula MICE kampus STPNDB menyapa ramah tiap peserta lomba yang tiba bersama rombongannya masing2. Ada dari berbagai Florist team masing-masing hotel, dari institusi atau lembaga pendidikan, misalnya Discovery Kartika Plaza Hotel, The Laguna Beach Resort, The Patra Bali Resort, SMKN 2 Singaraja, Jepun Florist, Bunga Ayu, Nikko Hotel, Ayodya Hotel, Sekar Sanur, hingga total berjumlah 15 peserta. Namun pada akhirnya, 13 peserta yang total tercatat siap untuk berlomba.

Setelah selesai acara pembukaan oleh bapak Ketua STPNDB, Dr. Nyoman Madiun, M.Sc., para peserta lomba diberi kesempatan merangkai bunga dengan berbagai median yang telah mereka persiapkan. Ada beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh panitia Lomba. Dewan juri terdiri dari bapak Andi Djati Utomo, ibu Weni Susanti selaku ketua Ikatan Perancang Bunga Indonesia cabang Bali, dan Ibu Ketut Iswarini dari STPNDB sendiri.

Acara yang digawangi oleh Manager, Ida Bagus Gede Ary Mahaputra ini merupakan salah satu bagian dari mata kuliah mahasiswa/i Administrasi Perhotelan (ADH) pada semester 8, yang bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu manajemen yang telah didapat selama mengikuti perkuliahan di STP Nusa Dua Bali. Dan, para mahasiswai ADH B angkatan 2007 mempersiapkan APM yang memadukan seminar dan kompetisi mengenai florist tanggal 20 dan 21 Mei. Tema ini dipilih karena mengingat peranan penting dari florist untuk menunjang bisnis perhotelan dan event organizer, namun bidang florist ini kurang mendapat perhatian. Melalui acara ini, diharapkan dapat lebih mengenalkan florist dan membedah seni dan trend terbaru mengenai florist. Dalam acara ini, akan menghadirkan Bapak Andy Djati Utomo sebagai pembicara, beliau adalah direktur perangkai bunga Indonesia. Selain menghadirkan pembicara berkaliber nasional, Infloristy 2011 ini juga didukung dan bekerjasama dengan berbagai organisasi di bidang pariwisata dan florist seperti, PHRI, BHA, dan IPBI Bali. Peserta dalam kegiatan ini pun beranekaragam, mulai dari kalangan akademis, pengusaha florist, perhotelan, dan individual (pencinta bunga).

Setelah rangkaian acara kata sambutan tuntas terlaksana, ke tiga belas peserta lomba dipersilahkan bekerja selama 90 menit. Seluruh pendamping dan berbagai pihak yang tidak berkepentingan diminta meninggalkan ruang utama di gedung Widyatula MICE STPNDB ini.

Aku bergerak ke gedung Genitri blok B lantai 1. Ada acara Bedah Buku. 9 Summers 10 Autumns karangan Iwan Setiawan. Kegiatan yang digalang oleh pemuda Rohis STPNDB ini dibuka dan dihadiri oleh bapak Wisnu Bawa Tarunajaya, Bapak DGN Byomantara, Ibu Mitha, Ibu Indah.

Hmmm, kutemui Dani di meja penerima tamu. Pada bagian dahi kirinya terdapat perban yang cukup besar. Matanya membengkak dan terlihat lebam menghitam. "Terjatuh di jalan dan mencium aspal, bu" Sahutnya sambil menutup dahi yang berisi perban dengan tangannya. Aahhh, padahal dia saat itu sedang dalam perjalanan untuk melakukan interview bagi penempatan trainingnya di hotel Four Season. Sungguh kasihan. Hanya tanggungjawab dan rasa kebersamaan yang mendorongnya untuk segera hadir dan terlibat dalam acara ini.

Hidup sungguh keras, Dani. Engkau sudah buktikan itu dalam perjalanan hidupmu, untuk menempuh pendidikan dan penempatan training, juga proses dalam bekerja sama kelompok. Hidup tidak selalu indah dan semudah yang kita harapkan dan impikan. Mungkin dikau bakal terjatuh berkali-kali, terjerembab dan terhina. Namun teruslah berusaha, anakku.... Kepakkan sayap-sayapmu menjulang angkasa, terbang tinggi untuk meraih segenap harapan dan impian. Jangan pernah menyerah untuk selalu berusaha, di sepanjang kehidupanmu. Pesan ini kutuukan bagi tiap orang di dunia, Dani-Dani lainnya, bahkan termasuk diriku sendiri..... agar selalu bangkit dan bangkit lagi mengatasi tiap problema dalam kehidupan di dunia ini. Pantang menyerah kalah sebelum sungguh sungguh berusaha.

Setelah puas menyaksikan mereka yang melakukan aktivitas di gedung Genitri, segera aku kembali menuju ke gedung Widyatula. Acara Lomba telah selesai, Para Juri telah melaksanakan tugasnya. Para Peserta Lomba sedang diwawancarai oleh Pembawa Acara dari mahasiswa DIV ADH B smt 8. Sungguh2 menakjubkan melihat berbagai kreasi peserta. bagiku, sungguh semua terlihat begitu indahnya..... Namun, tentu harus ada sang jawara. Maka..... Juara Satu menjadi milik peserta dari Duta Orchid dengan rangkaiannya yang dominan dari Anggrek Putih.

Ah ha......
Dan seluruh rangkaian kegiatan 1st Indonesia Flower Diversity 2011 hari ini berakhir pukul 4.30 sore. Besok masih akan ada pula seminar tentang bunga yang bakal diisi oleh bapak Andi Djati Utomo. Hmmm sungguh banyak informasi bermanfaat yang kami dapatkan hari ini. Semoga tahun depan, acara ini masih akan berkelanjutan, dengan tetap diselenggarakan oleh STPNDB tentunya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar