Sabtu, 21 Mei 2011

Seminar Inflorisity 2011


Sabtu, 21 Mei 2011. Acara hari kedua dari rangkaian program Aplikasi Manajemen mahasiswa DIV ADH smt 8 STPNDB berlangsung. Jika kemarin, Jum'at 20 Mei 2011, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, diadakan Lomba Merangkai Bunga di Gedung Widyatula MICE pula, maka kini adalah seminar yang berkaitan dengan Bunga.

Sponsor kegiatan ini berasal dari beberapa supplier bunga, hotel dan media publikasi (cetak dan elektronik) misalnya, Anantara Seminyak Resort & Spa, Novotel Nusa Dua Hotel & Residents, Hard Rock Hotel Bali, Ayodya Resort Bali, Aston Soll Marina Hotel and Conference Pangkal Pinang, Discovery Kartika Plaza Hotel, Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Langoon Bali Resort & Spa, The Patra Bali Resort & Villas, Bali Zoo Park, Bali Safari and Marina Park, Bapak Bakery, Bali & Beyond, Phoenix Radio Bali, Sophie Martin, Telkom Flexi, Asri Lestari SPA, WBF (Wahana Bali Flora), D’oasis Florist, PHRI, IHKA, IPBI Bali dan BHA.

Hari ini bapak Andi Djati Utomo akan berbicara megenai bunga. Beliau akan membedah seni dan trend terbaru mengenai florist.

Acara diawali oleh kata sambutan dari Ketua Panitia program Aplikasi Manajemen, sekaligus GM mereka, Ida Bagus Gede Ary Mahaputra, lalu oleh bapak Ferry Markus, wakil DPD PHRI Prop. Bali, Ibu Weni Susanti, ketua Ikatan Perangkai Bunga Indonesia cabang Bali, dan Bapak Pembantu Ketua IV STPNDB yang sekaligus membuka seminar bertema Indonesia Flower Diversity 2011: Revealing The art of Florist ini. Dalam kata sambutannya, bapak Puket IV ini menjelaskan bahwa program Aplikasi Manajemen memberikan pemahaman kepada para mahasiswa, bahwa tidak semata ketrampilan teori dan praktek yang telah di dapat di kampus dan pada masa training saja, namun mahasiswa diberi kesempatan mengeksplore se maksimal mungkin segenap aspek dalam diri yang meliputi ketrampilan dan kemampuan, sikap atau kepribadian, habit atau kebiasaan, dalam sebuah team, yaitu teman sekelas itu sendiri. Dimana dalam team ini, mereka dituntut menjalin kebersamaan dan toleransi dalam hal empati, sigap, dan daya tanggap, tidak hanya dengan sesma anggota kelompok, maupun dengan berbagai pihak di luar kelompok, di sekeliling kelompok mereka. Ibu Weni Susanti berharap bahwa kegiatan ini tidk hanya sekali, namun akan tetap berkelanjutan, karena hanya dengan kegiatan yang berlangsung terus menerus, gemanya akan semakin terasa, dan memberi pemahaman pada dunia, bahwa dunia bunga layak diperhitungkan dan sungguh berarti bagi siapapun. Bapak Ferry Markus berharap bahwa dengan adanya kegiatan lomba dan seminar merangkai bunga ini akan memberikan arti bahwa dedaunan dan bunga dapat menjadi hasil karya yang punya nilai ekonomis tinggi. Kebutuhan hotel dan restoran akan bunga rangkai juga memperlihatkan peningkatan statis yang semakin tinggi.

Selanjutnya, tanpa berlama, panitia langsung menyerahkan pada bapak Andi untuk mengawali sesi pertama seminar pagi hari ini. Pengenalan terhadap berbagai peralatan yang bisa dipergunakan dalam merangkai bunga, prinsip dan berbagai elemen dalam rangkaian bunga.

Sesi kedua yang berlanjut setelah makan siang adalah mengenai Pengelompokan Tipe Materi Flora. Pak Andi mengajarkan bagaimana Flora bisa dikelompokkan dan dirangkai dengan indah. Bahkan, dengan menakjubkan, memberikan contoh 9 hasil rangkaian bung beliau dalam berbagai median sarana. Hasil akhir dari ke 9 rangkaian bunga beliau, dilelang pada bagian akhir acara, dimana hasil lelangnya akan disumbangkan oleh panitia bagi Panti Asuhan.
Rngkaian pertama pak Andy, 13 tangkai bunga gerbra berwarna kuning dirangkai dalam wadah yang pula berwarna kuning, diberi pita double tape pada tangkainya. Rangkaian kedua, daun anggur laut, rumput ular / snack grass, gerbra, bola2 natal diberi hiasan kembang goyang khas Bali, terlihat sungguh unik. Ketiga, bunga bird of paradise, daun palem, terong susu, asparagus bintang, dan chryssant pingpong, dirangkai menjadi indah dalam sebuah wadah persegi empat memanjang. Keempat, pak Andi mmbuat sebuah sandwich dari mawar berwarna merah, di atasnya dihiasi dua buah lilin bundar yang terus dinyalakan hingga acara selesai. Hmmm, bahkan, candle light dinner sederhana pun, bakal terlihat sungguh mewah dan istimewa. Kelima, bahkan dengan sebuah bola yang dihiasi kacang panjang pun, akan dapat menjadi rangkaian bunga indah di tangan pak Andi. Rangkaian ke enam, pak Andi membuat jalinan dari tiga lembar daun palem, lalu menyusunnya saling berkait pada sebuah wadah talam, menghiasi dengan terong belanda, mawar kuning, dan chryssant pingpong. Rangkaian ke tujuh, sebuah spidol berwarna keemasan bisa membantu kita membuat gambar indah pada berbagai dedaunan lebar yang menjadi bagian dari rangkaian bunga yang kita buat. Rangkaian ke delapan, dari beberapa ranting kering yang saling menghadap ke atas, bisa menjadi The Secret Garden yang sungguh menakjubkan di tangan seorang Andi, Sang Pakar Rangkaian Bunga. Ada bunga-bunga balon, gerbra kuning, juga mawar putih yang menyembul dari dalam kebun. Rangkaian ke sembilan, Pak Andi membuat batang2 heliconia dirangkai dengan ranting pohon kering, dihiasi ornamen dari lembaran seng kecil menjadi terlihat artistik.

Hmmm. Sungguh sebuah pengalaman menakjubkan mengenai dunia bunga. Memang benar, tidak dapat dipungkiri, betapa bunga bisa mewarnai indahnya hari-hari kita semua dalam kehidupan. Betapa bunga dan segala aktivitas yang berkaitan dengannya bisa memberi tambahan pengalaman bagi kita semua. Dari Program Aplikasi Manajemen ini, Mahasiswa Diploma IV Administrasi Perhotelan kelas B angkatan tahun 2007 semester 8 belajar mengaplikasikan pengetahuan mereka, bahwa hidup adalah sebuah kesempatan unuk mewujudkan harapan dan impian mereka, mengatasi segala tantangan dan rintangan, baik dalam dunia pendidikan, pekerjaan, pergaulan, dan lingkungan sekitar dimana mereka berada. Dengan niat untuk bekerja sama mengatasi semua itu, mereka berusaha mengeliminir semaksimal mungkin tiap konflik yang bisa merusak konsentrasi dalam mencapai prestasi, hingga tercipta hasil kinerja sempurna bagi mereka pula.

Selamat bagi kalian semua, para mahasiswaku, semoga kalian ukses dalam meniti perjalanan karir dan kehidupan kalian selalu......

Sekilas mengenai Bapak Andi Djati Utomo, Beliau adalah penulis buku A Bridal Bouquet tamatan Interior Design Unniversitas Trisakti angkatan tahun 1994. Lahir pada tanggal 15 Januari 1977 di Semarang. Setelah menyelesaikan pendidikan formal sebagai Interior Designer, ia belajar lebih serius dalam seni bunga dan melakukan perjalanan ke beberapa negara untuk mendidik dirinya sendiri. Tahun 1997, dalam usia 20, ia sudah memenangkan kompetisi nasional bunga. Sebagai seorang desainer flora muda, sekarang ia adalah bunga desainer terkemuka di Indonesia.

Sepanjang karirnya di industri, mengikuti berbagai pameran, juga melakukan demonstrasi untuk amatir serta para profesional, dan ini telah membawanya ke kota-kota besar di Indonesia dan beberapa negara seperti Jepang, Singapura, Malaysia, Thailand, Cina, dan Korea . Dia telah melakukan perjalanan secara ekstensif untuk acara-acara bunga utama sebagai demonstrator, dosen, hakim peserta, dan desainer. Dia juga mewakili Indonesia di beberapa event internasional seperti Floral Floral Bintang di Macau tahun 2005, dan 1st Asian Floral Desainer Uni di Korea, 2006, Singapore Garden Festival pada tahun 2008, dan Putrajaya Bunga di Malaysia 2010.

Andy fasih dalam berbagai bentuk seni desain floral termasuk Eropa Floral Art, Modern Floral Design, Commercial Floral Desain dan Seni Ikebana Floral. desainnya terkenal unik dan kreatif. Karyanya telah ditampilkan dalam publikasi International Florist, seperti Internasional Tahunan Floral Art 06/07 (Belgia Publishing), Fusion Bunga Majalah (Skotlandia-Inggris), Fleur kreatif dan Hari Floral Majalah (Korea).

Andy adalah anggota dan bagian dari komite dari beberapa lokal dan Internasional Floral Organisasi-organisasi seperti:

* Presiden Indonesia Asosiasi Bunga Pinjaman 2008-2012
* Terakreditasi anggota American Institute of Floral Desainer
* Sekretaris urusan Internasional Bab 224 Ikebana Internasional Jakarta
* Anggota Dewan Bunga Dunia
* Anggota Floral Desainer Masyarakat Singapura
* Anggota Komite Asosiasi Bunga Indonesia
* Anggota Komite Ikebana Ikenobo Society of Indonesia

Sejak tahun 2000, ia telah aktif dalam memberikan bunga ceramah kepada siswa di sekolah desain banyak berbeda bunga. Sebagai instruktur dalam desain bunga, Andy sangat senang melihat siswa menyelesaikan kursus dan menguasai seni merangkai bunga. Ia menerima sertifikat dari Departemen pendidikan nasional sebagai Master eksaminator dalam pengujian desain Floral Nasional.

Sekarang ia memiliki studio sendiri, bernama INTUISI Floral ART STUDIO, tempat baginya untuk mengajar murid-muridnya, berlokasi di: Bellezza Permata Hijau, Belanja Arcarde L1 - 35,
Jakarta Selatan. Telp: +62 - 21-373 555 72. E-mail: intuition_floralartstudio@yahoo.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar