Selasa, 24 Mei 2011

Message for My Child


I can give you life.
but I can't live for you.
(Aku ga akan selalu ada untukmu, anakku.....)

I can give you instruction
but I can't tell you where to go.
(Aku dapat memerintahkanmu, tapi gakkan bisa memaksamu selalu...)

I can give you liberty
but I can't help you to protect it.
(Aku dapat memberi kebebasan bagimu,
namun gak kan selalu bisa menyediakan kebebasan itu bagimu)

I can teach you the difference
between good and bad,
but I can't make the decision for you.
(Aku dapat mengajarmu tentang perbedaan yang ada antara baik dan buruk,
namun ga bisa selalu mengambil keputusan untukmu,
kau yang harus membuat keputusan yang sesuai bagi dirimu)

I can give you advise
but I can't accept it for you.
(Aku dapat menasihatimu,
namun tidak selalu bisa menerima setiap nasihat yang diberikan berbagai pihak bagimu,
kau yang harus lakukan ini sesuai dengan dirimu sendiri)

I can give you love
but I can't force you to receipt it.
(Aku dapat memberikan cintaku sepenuh hati bagimu,
namun aku juga tak dapat memaksamu untuk menerimanya,
karena mungkin caranya keliru menurutmu)

I can teach you to share
but I can't stop you from being selfish.
(Aku dapat mengajarimu untuk berbagi,
namun aku juga tak dapat mengelak jika dikau menjadi orang egois)

I can teach you to respect
but I can't make you be respected.
(Aku dapat mengajarimu bagaimana cara menghormati dan menghargai orang lain,
namun aku juga tidak dapat memaksa tiap orang untuk menghormatimu selalu...)

I can counsel you about your friends
but I can't choose them for you.
(Aku dapat membimbingmu bagaimana cara menghadapi para sahabatmu,
namun aku tak dapat selalu memilihkan teman yang sesuai bagimu)

I can teach you everything
you need to know about sex
but I can't make you act responsibility.
(Aku dapat mengajarimu mengenai tiap hal, khususnya tentang seks,
namun aku tak dapat selalu mengajarkanmu untuk menunjukkan jalan yg tepat)

I can talk to you about drinking
but I can't say "no" or "just one" for you.
(Aku dapat bicara denganmu tentang berbagai jenis minuman,
namun aku juga tidak dapat memaksamu dan melarangmu minum)

I can warn you about drugs
but I can't stop you from using them.
(Aku dapat mengingatkanmu tentang bahaya mabuk,
namun aku tidak selalu bisa mengawasi atau melarangmu)

I can teach you about charity
but I can't make you be generousity.
(Aku dapat mengajarkan padamu mengenai sungguh mulianya beramal / yadnya
Namun aku tak dapat selalu membuatmu bermurah hati terhadap siapa saja)

I can pray for you
but I can't make you walk with God.
(Aku akan selalu berdoa untukmu,
namun aku juga tidak selalu bisa memaksamu berjalan di jalan Tuhan)

I can talk to you about living eternally
but I can't give you eternal life.
(Aku dapat berceritera mengenai keabadian hidup,
namun aku tidak bisa memberimu hidup yang abadi)

When everything is said and done
everybody decides for him or her
how they will live their life.
(Bila segala sesuatu dikatakan, dilakukan, dan diputuskan oleh orang lain,
bagaimana mungkin orang ini bisa berjuang mengatasi segala sesuatunya sendiri???)

I love you, I accept you,
and I hope with all my heart,
that you make the right decision
in your life......
(Anak-anakku terkasih, aku mencintaimu, menerimamu apa adanya....
Aku berharap, kalian akan selalu mengambil keputusan tepat bagi diri kalian,
dan, bertanggungjawab terhadap keputusan tersebut......)

(Patrick Atkinson)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar