Sabtu, 14 Mei 2011

Inflorisity 2011, APM DIV ADH B smt 8


Aplikasi Manajemen, adalah sebuah kawah candradimuka lain lagi bagi mahasiswa STPNDB. Dan, mahasiswa Program Studi DIV ADH B / s-8 memilih motto mereka “BERJUANG DAN TETAP BERJUANG……”. Ini kata yang tepat untuk menggambarkan semangat kami, mahasiswa/i ADH B/8 STP Nusa Dua Bali dalam mempersiapkan dan melaksanakan program Aplikasi Manajemen (APM) yang bertajuk Inflorisity 2011. Demikian alasan mereka.


Acara ini merupakan salah satu bagian dari mata kuliah mahasiswa/i Administrasi Perhotelan (ADH) pada semester 8, yang bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu manajemen yang telah didapat selama mengikuti perkuliahan di STP Nusa Dua Bali. Dan, para mahasiswai ADH B angkatan 2007 mempersiapkan APM yang memadukan seminar dan kompetisi mengenai florist di penghujung bulan Mei 2011 yaitu pada tanggal 20 dan 21 Mei. Tema ini dipilih karena mengingat peranan penting dari florist untuk menunjang bisnis perhotelan dan event organizer, namun bidang florist ini kurang mendapat perhatian. Melalui acara ini, diharapkan dapat lebih mengenalkan florist dan membedah seni dan trend terbaru mengenai florist. Dalam acara ini, akan menghadirkan Bapak Andy Djati Utomo sebagai pembicara, beliau adalah direktur perangkai bunga Indonesia. Selain menghadirkan pembicara berkaliber nasional, Infloristy 2011 ini juga didukung dan bekerjasama dengan berbagai organisasi di bidang pariwisata dan florist seperti, PHRI, BHA, dan IPBI Bali. Peserta dalam kegiatan ini pun beranekaragam, mulai dari kalangan akademis, pengusaha florist, perhotelan, dan individual (pencinta bunga).


Dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan acara ini, banyak hal yang telah dilalui oleh mahasiswa/i ADH B, baik suka maupun duka. Semuanya berbaur menjadi satu, saling bahu membahu dalam mewujudkan dan menyukseskan acara ini. Masa pahit dan getir sangat dirasakan saat proses pencarian sponsor dan penjualan tiket. Satu tantangan yang sangat berkesan adalah saat dimana ternyata DIV ADH C / smt 8 mengadakan acara APM seminggu sebelum acara APM DIV ADH B / smt 8. Upaya untuk mendapatkan simpati dan target penjualan tiket, mengharapkan bantuan dan keterlibatan dari berbagai pihak demi kelancaran acara yang bakal dijelang, membuat segala emosi dan minat bercampur baur menjadi satu.


Target pasar utama penjualan tiket dalam acara ini adalah hotel, kemudian disusul oleh pengusaha bunga dan organisasi pariwisata. Sedangkan untuk sponsor berasal dari beberapa supplier bunga, hotel dan media publikasi (cetak dan elektronik) misalnya, Anantara Seminyak Resort & Spa, Novotel Nusa Dua Hotel & Residents, Hard Rock Hotel Bali, Ayodya Resort Bali, Aston Soll Marina Hotel and Conference Pangkal Pinang, Discovery Kartika Plaza Hotel, Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Langoon Bali Resort & Spa, The Patra Bali Resort & Villas, Bali Zoo Park, Bali Safari and Marina Park, Bapak Bakery, Bali & Beyond, Phoenix Radio Bali, Sophie Martin, Telkom Flexi, Asri Lestari SPA, WBF (Wahana Bali Flora), D’oasis Florist, PHRI, IHKA, IPBI Bali dan BHA.


Inflorisity 2011 “dikomandani” oleh Ida Bagus Gede Ary Mahaputra didukung oleh seluruh mahasiswa ADH B/8 , dengan susunan kepanitian sebagai berikut:

  1. General Manager : Ida Bagus Gede Ary Mahaputra
  2. Executive Assistant Manager : Ni Luh Putu Budiari
  3. Executive Secretary : Dewa Ayu Sri Ekayuni
  4. Chief Accountant : Ida Bagus Yoga Cahyadi
    1. Assistant Chief Accountant : I Ketut Adi Wibardi
  5. Sales and Marketing Manager : Yori Sadi
    1. Promotion : Rio Fajar Sebastian B.
  • Rully Hidayat
  • Erik Suminta
  1. Sponsorship : I Gede Satrya Pratama Wicaksana
  • I Gede Adia Suandinata
  • I Putu Adi Guna Adnya
  • Ni Komang Junita Dewi
  1. Advertising : Ida Bagus Mahayana
  2. Operational Manager : Ni Putu Wulan Septiandari
    1. Event coordinator : Klaudia Luigi K.S
    2. Food and beverage Dept. : Ni Putu Ayu Candra Dewi
  • Antika Candra
  • Septa Kamiawan
  1. Registration : Ni Putu Liena Wijayanti
  • A.A.Ngurah Surya Putra
  1. Documentation : I Gusti Arya Surya Putra
  • Agus Arimbawa
  1. Tools and equipment : I Wayang Eka Putra Juliawan
  • I Gede Wira Manggala
  • I Dewa Adi Setiawan
  • I Komang Marjaya
  • Dedy Setiawan
  • I.B Oka Wiradiputra

Dengan kerjasama dan semangat kerja yang tinggi diharapkan acara ini dapat berjalan dengan sukses dan dapat menjadi contoh yang baik bagi pelaksanaan APM pada periode berikutnya serta membawa manfaat yang baik bagi seluruh mahasiswa/i ADH B/8.


Hidup selalu indah dengan segala nuansa pelangi yang menghiasi dunia kehidupan kita. Tidak bisa berharap akan kepastian bahwa semua akan berjalan lancar dan mudah, namun dengan semangat dan tekad untuk berjuang mewujudkan yang terbaik, semoga semua akan dapat tercapai. Mari kita wujudkan harapan dan perjuangan kita selama ini, karena kita adalah satu !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar